Home / Kegiatan / Audiensi JET Corporation Mengenai Konversi Sampah Menjadi Energi

Audiensi JET Corporation Mengenai Konversi Sampah Menjadi Energi

WhatsApp Image 2018-10-09 at 15.40.58

Jakarta 9 Oktober 2018, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup mewakili gubernur dalam pertemuan audiensi dengan JET Corporation mengenai konversi sampah menjadi energi, dalam audiensi ini juga dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam audiensi ini di pimpin langsung oleh Deputi Gubernur Bidang TLRH.

JET Corporation telah didirikan pada tahun 1985 oleh Mr. Shinichi Shimose sebagai Daishin Corporation, perusahaan pendahulunya, dalam audiensi ini mereka menawarkan teknologi ERS (Environmental Renewal System) kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena menurut mereka Indonesia adalah pasar ideal untuk Sistem ERS: Satu instalasi percontohan kecil di Jakarta pada tahun 2005 dan instalasi percontohan baru-baru ini di Bali pada tahun 2018.

Teknologi ERS juga sudah di implementasikan di negara-negara asia lainnya seperti di Jepang, Korea, Singapore dan lain lain. JET corp telah memiliki pilot project di Jakarta (2005) dan Bali (2018)

Teknologi ERS yang ditawarkan dapat mengolah sampah dengan kapasitas 50 ton untuk setiap prosesnya (bisa di upscale). Teknologi yang ditawarkan telah mengintegrasikan proses pemisahan jenis sampah dan menggunaka proses fermentasi mikrobiologi lokal pada kondisi temperatur 60-70 oC . Waktu pengolahan untuk setiap kali proses adalah 2 jam.

Hasil akhir dari pengolahan sampah dengan teknologi ini adalah pupuk penyubur dengan kandungan unsur N, P dan K yang tinggi. Teknologi ini memerlukan lahan yang tidak terlalu luas (950m2, hemat 80% lahan). Metode investasinya dapat dilakukan melalui kerjasama B to B atau G to G (Jakarta – JPN).

Keuntungan Teknologi JET Corp dibanding metode pengolahan sampah lainnya:

  • Biaya operasional yang lebih murah (US 25/ton) jika dibanding dengan Incineration (US 250/ton)
  • Teknologi yang lebih ramah lingkungan
  • Cocok untuk diterapkan secara desentralisasi (di sebar di tiap area di Jakarta)

Dari hasil audiensi ini JET Corporation dengan Dinas Lingkungan Hidup akan berdiskusi lebih detail dan disarankan diadakan kunjungan kerja dari Dinas Lingkungan Hidup ke salah satu area pilot project JET Corporation di Bali. Setelah itu JET Corporation akan melakukan meeting dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup pada hari Rabu, 10 Oktober 2018 untuk pembicaraan lebih detail terkait penjajakan kerjasama dan skema bisnis.

 

Check Also

Menghadiri Kick Off Meeting PD PAL Jaya Marketing Strategy Development

Jakarta, 13 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menghadiri acara kick …