Home / Kegiatan / Responsible Business Forum on Sustainable Development Singapore 10-12 Oktober 2018
RBF 2

Responsible Business Forum on Sustainable Development Singapore 10-12 Oktober 2018

RBF 2

Sustainable Development Goals (SDG) telah menjadi agenda global sejak tahun 2015. Berbagai negara telah berupaya menyusun peta jalan dan rencana aksi. Namun disadari bahwa kemampuan negara terbatas untuk memenuhi target SDG. Dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk para pengusaha.

Berkaitan dengan itu, UNDP bersama dengan Global Initiative menyelenggarakan pertemuan bertajuk Responsible Business Forum on Sistainable Development “Shaping the World in 2030”. Pertemuan dirancang untuk mempertemukan pihak swasta, organisasi non pemerintah dan pemerintah dalam forum ini untuk menyepakati langkah bersama dalam mencapai target SDGs.  Ajang ini juga sekaligus dimanfaatkan para pihak untuk memperluas jejaring.

Menariknya, isu yang dibahas mencakup perubahan iklim, urbanisasi, ekonomi sirkuler, hak asasi manusia, serta makanan dan nutrisi.  Beberapa swasta yang hadir adalah PwC, Cisco, Unilever, Singtel, Keppel, ENGIE Group, ING, Coca Cola, Snapcart, Petronas, Microsoft, Standard Chartered. Tidak banyak peserta dari pihak pemerintah Indonesia, tercatat hanya Perwakilan dari Bappenas, dan Pemprov DKI Jakarta. Lembaga non pemerintah didominasi oleh berbagai unit UNDP,  dan WWF.
Pada sesi bertajuk Urbanisation, Pemprov DKI Jakarta diwakili oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menjelaskan tentang isu dan upaya mengatasi urbanisasi. Disampaikan isu utama adalah bekerja dalam silo dan fragmented governance. Di akhir sesi disepakati bahwa dibutuhkan upaya bersama atau penerapan pendekatan kolaborasi dalam pencapaian target SDGs. Jakarta telah menerapkan pendekatan ini melalui pengembangan Desain Besar berbagai isu strategis.
Di akhir sesi, berbagai pihak menyatakan keinginannya untuk bermitra. Selain itu, berkesempatan diwawancara oleh media internal.

RBF1

Check Also

Menghadiri Kick Off Meeting PD PAL Jaya Marketing Strategy Development

Jakarta, 13 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menghadiri acara kick …