Home / Kegiatan / Bincang santai di hutan kota Sanggabuana
utan2

Bincang santai di hutan kota Sanggabuana

utan2 utan1

Bincang santai di hutan kota Sanggabuana

Mereka butuh diberi kesempatan. Begitu kira2 kesimpulan bincang2 santai dengan kelompok tani Sanggabuana pimpinan Babeh Idin di Hutan Kota Sanggabuana Pesanggrahan Jakarta tanggal 13 Oktober 2018.
Pemerintah provinsi DKi Jakarta diwakili oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, plt kadis kehutanan dan kabid dinas LH.
Fakta yang mengagumkan bahwa kelompok tani Sanggabuana setiap hari mengolah 15 truk sampah dan hasilnya diantaranya dimanfaatkan untuk membangun lapangan bola di di tepi sungai, kebun kopi, ternak. Tenaga kerja yang terlibat puluhan dan pendapatan dua kali ump. Lapangan bola yang dibangun berstandar internasional dan sekolah bolanya telah diakui FIFA.  Luasan hutan kota yang dikelola mencapai 42 ha menjangkau juga Tangerang Selatan dan Depok.
Kesimpulannya upaya konservasi itu bisa mensejahterakan.  Disepakati untuk mereplikasi upaya ini di sepanjang sungai Jakarta.. tentunya dibutuhkan kolaborasi lintas pemangku kepentingan.. selain itu, 32 lokasi hutan kota Jakarta seyogyanya diberi ‘jiwa’ tdk hanya sekedar ruang terbuka hijau.. tidak sekedar ‘cost center’… tapi hutan kota yang mensejahterakan…
Di sela diskusi yang dijamu dengan kopi.. jahe dan penganan tradisional hasil hutan kota… ditampilkan juga grup musik samra.. jenis musik tradisional yg mulai jarang ditemukan… binaan babeh Idin..
Kita butuh banyak Babeh Idin…

Check Also

WhatsApp Image 2018-11-15 at 10.41.39 (1)

Rapat Persiapan Ambitious City Promises CiBiX City-Business Collaboration Ideator

Jakarta, 15 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menjalankan pertemuan dengan …