Home / Kliping / Jelang Musim Hujan, 9 Waduk di Jakarta Barat Dinaturalisasi
Warga menjala ikan di Waduk Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Musim Hujan, 9 Waduk di Jakarta Barat Dinaturalisasi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/14/19181681/jelang-musim-hujan-9-waduk-di-jakarta-barat-dinaturalisasi. 
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Robertus Belarminus
Warga menjala ikan di Waduk Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Musim Hujan, 9 Waduk di Jakarta Barat Dinaturalisasi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/14/19181681/jelang-musim-hujan-9-waduk-di-jakarta-barat-dinaturalisasi. Penulis : Rima Wahyuningrum Editor : Robertus Belarminus

Jelang Musim Hujan, 9 Waduk di Jakarta Barat Dinaturalisasi

Warga menjala ikan di Waduk Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Musim Hujan, 9 Waduk di Jakarta Barat Dinaturalisasi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/14/19181681/jelang-musim-hujan-9-waduk-di-jakarta-barat-dinaturalisasi.  Penulis : Rima Wahyuningrum Editor : Robertus Belarminus
Warga menjala ikan di Waduk Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat Imron menyebut, ada 9 waduk di wilayahnya yang akan dinaturalisasi jelang memasuki musim hujan. Kesembilan waduk tersebut yaitu Waduk Tomang, Waduk Rawa Kepa, Waduk Hankam 1, Waduk Hankam 2, Waduk Grogol, Waduk Wijaya Kusuma, Waduk Bojong, Waduk Hutan Kota Srengseng, dan Waduk Peternakan. “Naturalisasi ini bertujuan agar waduk di Jakarta Barat dapat difungsikan warga sekitar. Contohnya untuk bersantai bersama keluarga, dan dapat jadi tempat sarana olahraga,” kata Imron, kepada wartawan, Minggu (14/10/2018). Baca juga: Dinas Sumber Daya Air DKI Sudah Naturalisasi 14 Waduk Imron mengatakan, rencana naturalisasi kesembilan waduk tersebut telah diajukan ke Pemrov DKI Jakarta. Ia berharap, hasil naturalisasi seperti jogging track dapat dimanfaatkan warga. Selain itu, hasil naturalisasi waduk-waduk tersebut diharapkan bisa mempermudah akses transportasi dan nyaman untuk jadi tempat berkumpul warga. Tak hanya naturalisasi, rencananya juga akan dilakukan pengerukan waduk jelang musim hujan. Pengerukan waduk dilakukan untuk mengangkat sedimen lumpur agar menambah kapasitas daya tampung air. Baca juga: Pengerukan Waduk Poncol Diharap Atasi Banjir Tahunan di Ragunan   Pengerukan sudah dilakukan di dua waduk yakni Waduk Peternakan dan Waduk Wijaya Kusuma.  “Namun, untuk Waduk Hutan Kota Srengseng, harus izin ke Dinas Kehutanan dan Pemakaman. Tahun lalu, untuk waduk itu telah dikeruk cukup dalam. Mungkin rada dangkal saat ini karena musim kemarau,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jelang Musim Hujan, 9 Waduk di Jakarta Barat Dinaturalisasi “, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/14/19181681/jelang-musim-hujan-9-waduk-di-jakarta-barat-dinaturalisasi.
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Robertus Belarminus

Check Also

Banjir rob menggenang di Pelabuha Perikanan Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (26/11/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2, 9 Wilayah Ini Terancam Banjir Rob

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan status siaga 2 terkait …