Home / Kegiatan / Rapat Pembahasan Kerangka Pengembangan Transit Oriented Development (TOD)

Rapat Pembahasan Kerangka Pengembangan Transit Oriented Development (TOD)

Jakarta, 15 Oktober 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menyelenggarakan rapat dengan agenda membahas mengenai kerangka pengembangan Transit Oriented Development. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup didampingi Asisten Deputi Bidang Tata Ruang beserta Staf. Pertemuan ini di hadiri 19 peserta rapat yang terdiri dari para pemangku kepentingan diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (DCKTRP), Biro  Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH), BPAD, Mass Rapid Transit (MRT), ASD, Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi (Soetanto Soehodho), dan mahasisiwa Keja Praktek TRLH Jurusan PWK Universitas Pakuan.

Adapun hal yang dibahas dalam pertemuan ini yaitu, kerangka seperti apa yang kita butuhkan dalam pengembangan TOD di DKI Jakarta, Selain itu DepGub Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi mengatakan bahwa dalam merencanakan TOD kita harus bisa mempertimbangkan semua aspek karena TOD ini bukan semata-mata hanya untuk mengatasi masalah kemacetan namun harus dapat berorientasi dengan rencana tata ruang. Selain itu DepGub TRLH menyimplkan bahwa ada 7 hal yang perlu ada dalam TOD Selanjutnya, akan dituangkan dalam bentuk tujuan dan sasaran, membuat roadmap, serta  rencana aksinya. 7 hal tersebut yaitu:

  1. Kebijakan umum
  2. Rencana tata ruang dan transportasi
  3. Institusi dan kelembagaan
  4. Pembiyaan
  5. Kemitraan
  6. Community Development, dan
  7. Economic Development

Pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan akan diadakannya rapat dengan tim yang lebih kecil untuk membicarakan langkah selanjutnya, sambil menunggu konfirmasi dari pihak MRT dan Jakpro untuk melakukan kerjasama dalam penyusunan cetak biru data yang dibutuhkan dalam pengembangan TOD di DKI Jakarta

 

Check Also

Menghadiri Kick Off Meeting PD PAL Jaya Marketing Strategy Development

Jakarta, 13 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menghadiri acara kick …