Home / Kliping / Antisipasi Banjir, Kecamatan Jatinegara Lakukan Gerebek Sampah di KBT
Gerebek sampah di aliran KBT yang dilakukan pihak kecamatan Jatinegara, Kamis (18/10/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Banjir, Kecamatan Jatinegara Lakukan Gerebek Sampah di KBT", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/18/14134081/antisipasi-banjir-kecamatan-jatinegara-lakukan-gerebek-sampah-di-kbt. 
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Icha Rastika
Gerebek sampah di aliran KBT yang dilakukan pihak kecamatan Jatinegara, Kamis (18/10/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Banjir, Kecamatan Jatinegara Lakukan Gerebek Sampah di KBT", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/18/14134081/antisipasi-banjir-kecamatan-jatinegara-lakukan-gerebek-sampah-di-kbt. Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Icha Rastika

Antisipasi Banjir, Kecamatan Jatinegara Lakukan Gerebek Sampah di KBT

Gerebek sampah di aliran KBT yang dilakukan pihak kecamatan Jatinegara, Kamis (18/10/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Banjir, Kecamatan Jatinegara Lakukan Gerebek Sampah di KBT", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/18/14134081/antisipasi-banjir-kecamatan-jatinegara-lakukan-gerebek-sampah-di-kbt.  Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Icha Rastika
Gerebek sampah di aliran KBT yang dilakukan pihak kecamatan Jatinegara, Kamis (18/10/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI)

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mengantisipasi banjir saat musim penghujan tiba, pihak Kecamatan Jatinegara mengadakan kegiatan gerebek sampah di sepanjang aliran Kanal Banjir Timur (KBT). Hal ini dilakukan juga untuk memperlancar aliran KBT yang sering kali terhambat lantaran adanya sampah rumah tangga. “Hari ini kami dari Kecamatan Jatinegara melaksanakan bebersih KBT dengan gerebek sampah, kami coba bersihkan aliran KBT yang ada di kawasan kami, kurang lebih sejauh satu kilometer,” ucap Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar, di lokasi, Kamis (18/10/2018). Baca juga: Kadis LH Nilai Pengadangan Truk Sampah DKI di Bekasi Terkait Dana Hibah Dalam pembersihan ini, dikerahkan 200 personel gabungan dari petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), pasukan biru dari Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Timur, pasukan hijau dari Suku Dinas Pertamanan, dan pasukan kuning dari Suku Dinas Bina Marga. “Pokoknya kami gerebek KBT, kami bersihkan dari rumput dan ilalang serta sampah-sampah yang ada di sungai,” kata dia. Selain untuk mencegah banjir di wilayah tersebut, gerebek sampah dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan di wilayah KBT. Nasrudin berharap, masyarakat yang tinggal di sepanjang KBT dapat bekerja sama menjaga kebersihan aliran KBT. Baca juga: 51 Truk Sampah DKI Jakarta Sudah Dilepas Dishub Bekasi Apalagi, seperti diketahui, di KBT terdapat pasar kaget atau pasar rakyat yang digunakan PKL untuk berdagang kala sore hingga malam. “Tidak bisa petugas membersihkan, tetapi masyarakat tetap membuang sampah, itu tidak akan berhasil dengan baik,” kata dia. “Kita harus saling bersinergi, masyarakat menjaga, pengunjung menjaga, kami juga merawat sehingga kawasan ini menjadi kawasan interaksi sosial yang bersih, indah, dan nyaman,” ucap dia lagi. Selanjutnya, pihak Kecamatan Jatinegara berencana mengeruk lumpur di sepanjang aliran KBT yang ada di wilayahnya guna menanggulangi endapan dan luapan saat musim hujan. “Saya sudah lapor ke tingkat kota untuk langkah pengerukan dan semoga direspons karena aliran KBT ini wewenang BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane),” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Antisipasi Banjir, Kecamatan Jatinegara Lakukan Gerebek Sampah di KBT”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/18/14134081/antisipasi-banjir-kecamatan-jatinegara-lakukan-gerebek-sampah-di-kbt.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Icha Rastika

Check Also

Pendataan Aset Pemprov DKI Sudah 75 Persen

Pendataan aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mencapai 75 persen. Kepastian aset tersebut …