Home / Kegiatan / Nara Sumber pada Acara Seminar Nasional Green Architecture in the Tropics 12 “Transit Oriented Development (TOD)” 
TOD1

Nara Sumber pada Acara Seminar Nasional Green Architecture in the Tropics 12 “Transit Oriented Development (TOD)” 

TOD SEMINAR

 

Jakarta, 24 Oktober 2018.

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, TOD telah menjadi isu hangat di kalangan peencana kota, pemerintah daerah, pengembang termasuk akademisi. Hal ini juga menjadi perhatian kalangan dosen dan mahasiswa  Universitas Kristen Indonesia (UKI), melalui penyelenggaraan Seminar Nasional Green Architecture in the Tropics 12 bertema “Transit Oriented Development (TOD)”  bertempat di kampus UKI Jakarta pada tanggal 24 Oktober 2018.
Seminar ini bertujuan mendiskusikan penerapan konsep TOD dalam pengembangan kota Indonesia serta mendiseminasikan hasil penelitian mahasiswa terkait TOD. Seminar diselenggarakan oleh Pusat Studi Arsitektur dan Lingkungan Prodi Arsitektur UKI bekerjasama dengan 8 (delapan) perguruan tinggi lainnya di Jakarta. Seminar diselenggarakan setiap tahun.
Pada kesempatan ini, Deputi Gubernur bidan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menjadi nara sumber dengan materi TOD Jakarta. Konsep – Perkembangan Terkini – Agenda Kedepan. Turut menjadi pembicara prof. Uras Siahaan (UKI), Mungki (MRT), Yayat Supriatna (Univ. Trisakti), pemenang disain arsitektur TOD Dukuh Atas.
Secara umum disimpulkan bahwa terdapat beberapa isu penting yaitu perbedaan definisi TOD, perbedaan lokasi TOD, konsep pengembangan TOD masih bersifat sporadis per lokasi, dan kerangka pengembangan TOD belum terpadu. Seyogyanya keseluruhan isu tersebut dapat di tanfani melalui penyediaan Kerangka Pengembangan TOD Metropolitan Jakarta yang disusun berdasar pendekatan kolaboratif dengan didasari prinsip tata ruang sebagai pengikat dan tata ruang bagi semua.
Kerangka Pengembangan ini setidaknya mencakup visi-misi, target, kebijakan dan strategi, perencanaan, pengembangan dan pengelolaan, pemantauan dan evaluasi, peta jalan, rencana aksi.
Kerangka ini juga menjadi panduan pengembangan substansi kebijakan dan regulasi, pengaturan ruabg dan transportasi, penyediaan lahan, pengaturan kelembagaan, pola kemitraan pemerintah-swasta-masyarakat, penyediaan pembiayaan, partisipasi masyarakat.

Check Also

Menghadiri Kick Off Meeting PD PAL Jaya Marketing Strategy Development

Jakarta, 13 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menghadiri acara kick …