Home / Kliping / Antisipasi Banjir, SDA Kalideres Angkut Sedimen hingga Siapkan Pompa “Mobile”
Ilustrasi banjir di Jakarta.(KOMPAS/RADITYA HELABUMI)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Banjir, SDA Kalideres Angkut Sedimen hingga Siapkan Pompa "Mobile"", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/25/18084801/antisipasi-banjir-sda-kalideres-angkut-sedimen-hingga-siapkan-pompa. 
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Robertus Belarminus
Ilustrasi banjir di Jakarta.(KOMPAS/RADITYA HELABUMI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Banjir, SDA Kalideres Angkut Sedimen hingga Siapkan Pompa "Mobile"", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/25/18084801/antisipasi-banjir-sda-kalideres-angkut-sedimen-hingga-siapkan-pompa. Penulis : Rima Wahyuningrum Editor : Robertus Belarminus

Antisipasi Banjir, SDA Kalideres Angkut Sedimen hingga Siapkan Pompa “Mobile”

Ilustrasi banjir di Jakarta.(KOMPAS/RADITYA HELABUMI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Banjir, SDA Kalideres Angkut Sedimen hingga Siapkan Pompa "Mobile"", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/25/18084801/antisipasi-banjir-sda-kalideres-angkut-sedimen-hingga-siapkan-pompa.  Penulis : Rima Wahyuningrum Editor : Robertus Belarminus
Ilustrasi banjir di Jakarta.(KOMPAS/RADITYA HELABUMI)

JAKARTA, KOMPAS.com – Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kalideres melakukan tiga cara untuk mengantisipasi banjir. Tiga cara tersebut yakni pengangkutan sedimen di saluran penghubung (PHB), peninggian badan jalan, dan menyiapkan pompa mobile. “Sedimen di saluran PHB bisa sampai 60 sentimeter. Kita utamakan (pengangkutan) ke lingkungan padat seperti di Semanan karena untuk (perlancar) mengeluarkan air dari hunian warga juga,” kata Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kalideres Agus Purwanto, di Semanan, Kamis (25/10/2018). Baca juga: Trase Kali Tak Ideal Jadi Penyebab Banjir di Jakarta Barat Pada awal musim hujan pekan ini, Agus mengatakan, pihaknya melakukan pengerukan sedimen di saluran PHB di sepanjang Jalan Semanan Raya sisi barat mulai rel Stasiun Kalideres-Jalan Kramat yang bermuara di Kali Mookevart. Sejak melakukan pengerukan di sana Minggu (21/10/2018), SDA Kalideres telah mengangkut sekitar 600 karung per hari sedimen. “Kalau Semanan ada potensi genangan, genangan itu sesaat, satu jam hujan bisa 20 sentimeter karena dulu ada saluran yang tidak terhubung, tapi telah kita pasangin (penghubung) sekarang,” kata dia. Selanjutnya, SDA Kalideres siap mengaktifkan rumah pompa air yang tersebar di tiga titik yaitu RW 007 (Kalideres), RW 001 Kampung Duri (Semanan), dan RW 003 Kampung Bali (Kalideres). Ada pula dua buah pompa mobile yang siap ditempatkan di Jalan Manyar, Tegal Alur, yang menjadi titik rawan banjir karena berdekatan dengan Kali Semongol Atas. “Pompa mobile kita tahan dulu, di Semongol itu sempit, menjelang atau kalau diprediksi akan banjir baru deh (dikeluarkan). Sementara masih di posko,” kata Agus. Baca juga: Wali Kota Airin: Banjir Tangsel karena Drainase Antar-Perumahan Tidak Tersambung Selain melakukan pengerukan sedimen di saluran PHB dan menyiapkan pompa mobile, SDA Kalideres bekerja sama dengan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat untuk melakukan peninggian jalan. Salah satunya di titik rawan banjir Jalan Manyar yang telah dilakukan peninggian jalan setinggi 30 sentimeter. “Jalan Manyar termasuk rawan, tapi sudah dilakukan pengerjaan fisik dengan Bina Marga tapi sudah ada peninggian (jalan). Insya Allah mendingan,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Antisipasi Banjir, SDA Kalideres Angkut Sedimen hingga Siapkan Pompa “Mobile””, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/25/18084801/antisipasi-banjir-sda-kalideres-angkut-sedimen-hingga-siapkan-pompa.
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Robertus Belarminus

Check Also

Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-06-2018 *** Local Caption *** Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-6-2018(KOMPAS/AGUS SUSANTO)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/18/14160901/pemprov-dki-bagikan-karung-agar-warga-tak-buang-sampah-ke-kali. 
Penulis : Nursita Sari
Editor : Andri Donnal Putera

Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga untuk tidak …