Home / Kegiatan / Pemaparan Program Awareness Raising Penerapan Surya Atap Dan Konservasi Energi Di Sekolah

Pemaparan Program Awareness Raising Penerapan Surya Atap Dan Konservasi Energi Di Sekolah

Jakarta, 26 Oktober 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menyelenggarakan diskusi dengan agenda membahas mengenai penerapan program awareness raising penerapan surya atap dan konservasi energi di sekolah. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup didampingi Asisten Deputi Bidang Tata Ruang beserta Staf. Pertemuan ini dihadiri oleh pihak dari Dinas Perindustrian dan Energi (DPE), Dinas Pendidikan, ICLEI, serta pihak dari Indonesia Institute For Energy Economy (IIEE). dan mahasiswa Keja Praktek TRLH Jurusan PWK Universitas Pakuan.

Pada pertemuan ini pihak IIEE memaparkan mengenai usulan program awareness surya atap dan konservasi energi di sekolah. Program ini sebelumnya  telah berhasil dilaksanakan di Solo, Jawa tengah. Dengan data 10 sekolah telah berpartisipasi, 100 siswa sudah didik untuk jadi duta energi, dengan program ini tercatat 26% penurunan konsumsi listrik. Selain itu karena domisili IIEE di Jakarta, pihak IIEE sendiri sangat tertarik untuk menerapkan program ini di sekolah-sekolah di DKI Jakarta, program ini juga dilaksanakan untuk mendukung implementasi pergub DKI Jakarta No 38 tahun 2012 tentang bagunan gedung hijau.

Pada tahap awal telah dilakukan identifikasi beberapa sekolah yang dapat dilibatkan diantaranya: 7 sekolah ( 5 Sekolah Dasar, dan 2 Sekolah Menegah Pertama), 7 maneger energi yaitu guru terkait, dan 70 duta energy yaitu seswa-siswi yang terpilih. Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksakan pada program ini diantaranya:

  • Sosialisasi di sekolah
  • Pemilihan manager energi
  • Penguatan pemahaman guru (manager energi) tentang energi
  • Penguatan pemahaman tentang duta energi dalam bentuk diskusi kepada duta energi

Adapun beberapa bentuk lain yang dapat dilaksanakan ialah:

  • Manager dan duta energi menentukan rencana kerja secara mandiri
  • Assasment konsumsi energi di sekolah dan di rumah
  • Strategi kampanya untuk duta energi agar dapat mengkampanyekan terkait hemat energi kepada para teman-temannya
  • Kunjungan lapangan
  • Perlombaan
  • Monitoring dan evaluasi setiap 6 bulan sekali.

Berharap dengan program ini dapat menciptakan kerja sama antara pihak IIEE dengan Dinas Perindustrian dan energi serta Dinas Pendidikan. Selain itu menurut pihak dari ICLEI bisa saja berkolaborasi terkait kegiatan monitoring dan evaluasi online karena sejalan dengan program dari ICLEI untuk pembuatan platform online.

Check Also

WhatsApp Image 2018-11-15 at 10.41.39 (1)

Rapat Persiapan Ambitious City Promises CiBiX City-Business Collaboration Ideator

Jakarta, 15 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menjalankan pertemuan dengan …