Home / Kliping / Pembangunan Crossing Saluran di Cakung Timur Lama Dinantikan Warga
Wali Kota Jakarta Timur Muhamad Anwar saat meninjau lokasi yang akan dibangun crossing saluran di Cakung Timur, Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembangunan Crossing Saluran di Cakung Timur Lama Dinantikan Warga", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/29/08414401/pembangunan-crossing-saluran-di-cakung-timur-lama-dinantikan-warga. 
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Egidius Patnistik
Wali Kota Jakarta Timur Muhamad Anwar saat meninjau lokasi yang akan dibangun crossing saluran di Cakung Timur, Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembangunan Crossing Saluran di Cakung Timur Lama Dinantikan Warga", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/29/08414401/pembangunan-crossing-saluran-di-cakung-timur-lama-dinantikan-warga. Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Egidius Patnistik

Pembangunan Crossing Saluran di Cakung Timur Lama Dinantikan Warga

Wali Kota Jakarta Timur Muhamad Anwar saat meninjau lokasi yang akan dibangun crossing saluran di Cakung Timur, Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembangunan Crossing Saluran di Cakung Timur Lama Dinantikan Warga", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/29/08414401/pembangunan-crossing-saluran-di-cakung-timur-lama-dinantikan-warga.  Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Egidius Patnistik
Wali Kota Jakarta Timur Muhamad Anwar saat meninjau lokasi yang akan dibangun crossing saluran di Cakung Timur, Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018)(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Jakarta Timur merencanakan pembangunan crossing atau penyambung saluran air di kawasan perumahan Jakarta Garden City (JGC), Cakung Timur. Pembangunan crossing saluran dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan banjir di wilayah RW 009, Cakung Timur. “Jadi kami survei lapangan ke JGC dalam rangka menyelesaikan banjir yang ada di RW 009, bertahun-tahun tidak pernah selesai,” ujar Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat meninjau lokasi rawan banjir di RW 009, Jumat (26/10/2018). Pihaknya juga akan melebarkan tiga gorong-gorong RW 009 agar bisa menyalurkan air lebih banyak. “Kami buat crossing 59 meter ke saluran pembuangan dan kami akan membesarkan tiga gorong-gorong di RW 009. Gorong-gorong ukurannya kecil jadi kalau hujan air ketahan, akhirnya buyar ke warga,” kata dia.  Baca juga: Alasan Pembangunan Crossing Saluran di Jakarta Garden City Cakung Akan Panggil JGC Anwar menyampaikan, pihaknya akan memanggil pengembang JGC terkait akan dibangunnya crossing saluran di Cakung Timur itu. Crossing yang berfungsi mengatasi banjir di RW 009 Kelurahan Cakung Timur tersebut akan berada di dalam wilayah JGC. “Insya Allah hari senin saya panggil pihak pengembang (JGC). Harapan saya tahun ini tidak akan banjir lagi biar warga nyaman,” kata Anwar. Ia menyebutkan, pemanggilan itu lantaran sejak ada proyek pembangunan JGC 10 tahun lalu, permukiman warga di RW 009 terendam banjir. “Sejak pengembangan JGC ini tahun 2008. Saya juga baru dapat laporan dari warga (via) SMS WA,” ujar dia. Pembuatan crossing saluran, kata dia, akan dilakukan secepatnya begitu JGC sudah memenuhi panggilan. Lurah Cakung Timur Sukariya berharap pengerjaan sambungan saluran itu dapat segera direalisasikan. Sukariya mengatakan, kawasan tersebut kerap terendam banjir hingga 80 sentimeter selama berjam-jam. “Memang kalau hujan selalu ada genangan, banyak warga yang rumah dan barang-barangnya terendam banjir dari 50 hingga 80 sentimeter. Cuma kalau hujannya besar bisa 3 jam surut,” ujar Sukariya. Harapan Warga Warga RW 009, Cakung Timur, Jakarta Timur, menyambut baik rencana Pemkot Jakarta Timur membangun saluran penghubung di wilayah mereka. Yoyon Rahya, warga setempat, berharap pembangunan saluran penghubung itu dapat menyelesaikan permasalahan banjir yang sudah 10 tahun terakhir mendera warga. “Yang kami minta diadakan crossing dari saluran air primer ke main drain itu tujuannya mengurangi debit air. Apabila hujan, terjadi pembeludakan air karena jelas diameter saluran air yang ada tidak dapat menampung debit air semua wilayah,” kata dia.  Seorang warga lain bernama Sumartono berharap agar rencana tersebut dapat segera direalisasikan. Soalnya sekarang sudah memasuki musim hujan. “Pak Wali bilang akan memfasilitasi masyarakat RW 009 dengan merealisasi crossing ini, mudah-mudahan cepat dilakukan,” kata Sumartono.  “Karena ini sudah masuk musim hujan, kemarin saja yang baru hujan sebentar, tetapi kami sudah merasakan dampaknya,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pembangunan Crossing Saluran di Cakung Timur Lama Dinantikan Warga”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/29/08414401/pembangunan-crossing-saluran-di-cakung-timur-lama-dinantikan-warga.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Pendataan Aset Pemprov DKI Sudah 75 Persen

Pendataan aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mencapai 75 persen. Kepastian aset tersebut …