Home / Kliping / Saluran Air Trase Sisi Timur KBT di Marunda Dinormalisasi
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Saluran Air Trase Sisi Timur KBT di Marunda Dinormalisasi

(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Saluran air trase sisi timur Kanal Banjir Timur (KBT) yang masuk wilayah Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, dinormalisasi. Normalisasi dilakukan karena saluran sepanjang dua kilometer tersebut tertimbun material tanah dan sampah.

” Kalau saluran ini tersambung, pembuangan dari kawasan sekitar akan lancar dan tidak sampai memicu genangan”

Lurah Marunda, Hilda Damayanti mengatakan, pihaknya berinisiatif melakukan pengamanan aset dan normalisasi karena saluran sepanjang dua kilometer tersebut sejak sebulan ini tertimbun material tanah dan lapak sampah pemulung.

“Ada lima lapak pemulung yang menggunakan lahan. Kita sudah sosialisasikan dan mereka mau memundurkan lapaknya hingga tiga meter dari saluran,” ujarnya, Rabu (31/10).

Dijelaskan Hilda, setiap hari pihaknya menerjunkan 20 petugas PPSU untuk melakukan pembersihan dan pengangkatan material yang menutup saluran. Selain petugas PPSU, pengerjaan juga dibantu alat berat Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara.

Diharapkan, normalisasi saluran ini bisa rampung pada akhir november nanti, sehingga aliran air di sekitar lokasi lancar saat musim hujan.

“Kalau saluran ini tersambung, pembuangan dari kawasan sekitar akan lancar dan tidak sampai memicu genangan,” tandasnya.

Check Also

Pendataan Aset Pemprov DKI Sudah 75 Persen

Pendataan aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mencapai 75 persen. Kepastian aset tersebut …