Home / Kliping / Calon Pembeli Rusunami Klapa Village Akan Diseleksi Dinas Perumahan dan Bank DKI
Proyek Rusunami Klapa Village(Kompas.com/DANI PRABOWO)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Calon Pembeli Rusunami Klapa Village Akan Diseleksi Dinas Perumahan dan Bank DKI", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/02/20440251/calon-pembeli-rusunami-klapa-village-akan-diseleksi-dinas-perumahan-dan. 
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Icha Rastika
Proyek Rusunami Klapa Village(Kompas.com/DANI PRABOWO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Calon Pembeli Rusunami Klapa Village Akan Diseleksi Dinas Perumahan dan Bank DKI", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/02/20440251/calon-pembeli-rusunami-klapa-village-akan-diseleksi-dinas-perumahan-dan. Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Icha Rastika

Calon Pembeli Rusunami Klapa Village Akan Diseleksi Dinas Perumahan dan Bank DKI

Proyek Rusunami Klapa Village(Kompas.com/DANI PRABOWO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Calon Pembeli Rusunami Klapa Village Akan Diseleksi Dinas Perumahan dan Bank DKI", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/02/20440251/calon-pembeli-rusunami-klapa-village-akan-diseleksi-dinas-perumahan-dan.  Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Icha Rastika
Proyek Rusunami Klapa Village(Kompas.com/DANI PRABOWO)

JAKARTA, KOMPAS.com – Warga yang mendaftarkan diri untuk membeli rumah susun DP Rp 0 atau Solusi Rumah Warga (SAMAWA) Klapa Village bakal diseleksi oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta serta Bank DKI selaku bank penyalur kredit. Kedua instansi ini hanya akan memberi kredit kepada pembeli yang lolos administrasi dan layak secara keuangan. “Bank memilih yang secure juga. Itu faktor risiko perbankan,” kata Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Fasilitasi Pemilik Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan ketika dihubungi, Jumat (2/11/2018). Baca juga: Cicilan Rusunami SAMAWA Klapa Village Baru Mulai Setelah Unit Dihuni Selain BI checking, Bank DKI akan melihat kemampuan calon pembeli dalam mencicil. Ini untuk memastikan pinjaman dapat dikembalikan lancar. Selain itu, calon pembeli akan diperiksa apakah sudah pernah mencicil rumah, membayar Pajak Bumi dan Bangunan, serta penghasilan aslinya. “Setelah valid, setelah memenuhi syarat, akan melengkapi berkas sesuai persyaratan,” ujar Dzikran. Dengan demikian, pembeli yang diprioritaskan bukan yang sekadar membutuhkan rumah dengan penghasilan kecil, melainkan juga yang secara perbankan dinilai layak diberi pinjaman. Adapun Rusunami Klapa Village ditargetkan rampung Juli 2019. Pendaftaran untuk pembeliannya mulai dibuka Kamis (1/11/2018) kemarin. Rusunami Klapa Village akan dibangun empat tower dengan total hunian 780 unit. Unit hunian dibagi dalam 3 tipe, yakni tipe studio 21, satu kamar tidur tipe 24, dan dua kamar tidur tipe 36. Baca juga: Pinjaman Uang Muka untuk Rusunami DP Rp 0 Dikenakan Bunga 2,5 Persen Harga tiap unit bervariasi, mulai dari Rp 184 juta untuk yang tipe paling kecil hingga Rp 310 juta untuk tipe 36 yang memiliki dua kamar tidur. Rusunami itu diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan Rp 4 juta hingga Rp 7 juta. Rusunami yang dibangun di lahan seluas 1,5 hektar itu masih dalam tahap pembangunan. Kedua instansi ini hanya akan memberi kredit kepada pembeli yang lolos administrasi dan layak secara keuangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Calon Pembeli Rusunami Klapa Village Akan Diseleksi Dinas Perumahan dan Bank DKI”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/02/20440251/calon-pembeli-rusunami-klapa-village-akan-diseleksi-dinas-perumahan-dan.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Icha Rastika

Check Also

Pendataan Aset Pemprov DKI Sudah 75 Persen

Pendataan aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mencapai 75 persen. Kepastian aset tersebut …