Home / Kegiatan / Pemaparan Program APCE-UNESCO
WhatsApp Image 2018-11-08 at 11.55.07

Pemaparan Program APCE-UNESCO

Jakarta, 8 November 2018. Kedeputian Gubernur Bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menyelenggarakan rapat dengan agenda pemaparan dari pihak APCE mengenai UNESCO Asia Rgional Training Workshop On Emerging Pollutants In Water Resources. Pertemuan ini dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup beserta staf. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari pihak Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Sumber Daya Air, Bappeda, Biro PKLH, PD PAL JAYA, BPSDM, KD & KLN, APCE, dan mahasiswa Kerja Praktek TRLH Jurusan PWK Universitas Pakuan.

Pada pertemuan ini pihak dari APCE memaparkan mengenai acara workshop yang akan dilaksanakan pada Tanggal 27 s/d 29 November 2018 yang diselenggarakan di Hotel Grand Kemang Jakarta. Dijelaskan mengenai latar belakang dilaksanakannya workshop ini yakni bahwa air merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk makhluk hidup dalam mempertahankan keberlangsungan hidupnya, oleh karena itu masalah polusi di air haruslah menjadi perhatian tersendiri. selain itu, Indonesia sebagai anggota PBB yang saat ini memiliki tujuan pembangunan berkelanjutan yang terdiri dari 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur yakni Sustainable Development Goals (SDGs), dimana dalam SDGs terdapat 3 tujuan yang berhubungan dengan air yaitu pada tujuan ke 3, tujuan ke 6, dan 12. Oleh karena itu workshop ini dianggap sangat penting, dan diharapkan dapat membangun kapasitas dan meningkatkan kesadaran  Emerging Pollutants dikawasan Asia Pasifik.

WhatsApp Image 2018-11-08 at 11.50.08

Kegiatan ini melibatkan beberapa partisipan baik dari pihak kementrian, peneliti, praktisi, universitas , police maker, dan dikuti 12 negara partisipan. Pihak APCE-UNESCO meminta bantuan ataupun dukungan dari Pemprov DKI Jakarta terkait dengan rangkaian kegiatan yang akan berlangsung di workshop tersebut yaitu pada rangkaian kegiatan fieldtrip, diharapkan Pemprov DKI Jakarta dapat memberikan dukungan dalam merekomendasikan lokasi-lokasi DAS yang dapat dijadikan lokasi fieldtrip. Dimana kawasan yang diharapkan yaitu, kawasan terpolusi, on process recovery, dan successtory.

Adapun untuk materi dalam pertemuan ersebut dapat dilihat pada : Materi Pemaparan Program APCE – UNESCO

Check Also

WhatsApp Image 2018-11-15 at 10.41.39 (1)

Rapat Persiapan Ambitious City Promises CiBiX City-Business Collaboration Ideator

Jakarta, 15 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menjalankan pertemuan dengan …