Home / Kegiatan / The Climate Leadership Program Workshop (Phase 2) Jakarta, 6 – 8 November 2018
CLP (4)

The Climate Leadership Program Workshop (Phase 2) Jakarta, 6 – 8 November 2018

CLP (4) CLP (1)

Perubahan iklim merupakan fenomena yang harus dihadapi oleh DKI Jakarta sebagai kota terbesar di Indonesia. Dalam menghadapi dampak perubahan iklim tersebut DKI Jakarta membutuhkan kemapuan adaptasi dan mitigasi. Disaat yang bersamaan DKI Jakarta menghadapi tekanan kota yang meliputi peningkatan jumlah penduduk, perkembangan kota serta daya tampung dan daya dukung lingkungan yang menurun. Merupakan suatu tuntutan keadaan bahwa DKI Jakarta harus mampu tumbuh menjadi Smart City (Kota Cerdas) agar mampu melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap berbagai tekanan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan CityNet mengadakan Acara Climate Leadership Program Workshop (Phase 2)”. Workshop ini dilaksanakan selama 3 (tiga hari) mulai tanggal 6 s.d 8 November 2018. Tujuan dari program climate leadership ini adalah pembekalan terhadap para peserta agar dapat melakukan perubahan, transformasi dan inovasi untuk mewujudkan kota yang adaptif dan rendah karbon. Peserta workshop terdiri dari DKI Jakarta, Luar Jakarta dan luar negeri, antara lain: (i) Dari DKI Jakarta : Kedeputian Gubernur TRLH; Dinas Lingkungan Hidup; Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;  PD PAL Jaya, (ii) Dari Luar kota Jakarta : Perwakilan Bappeda Sidoarjo; Perwakilan Bappeda Banda Aceh, Perwakilan Bappeda Banjar Baru, (iii) Dari Negara/Kota Asia diluar Jakarta, yaitu: Hongkong, Sri Lanka dan Phillipine dan (iv) NGO: UCLG-ASPAC, Secretariat Citynet dan C40.

Hari Pertama

Lokakarya di buka oleh Asisten Deputi Gubernur Bidang Lingkungan Hidup. Acara pada hari pertama, menampilkan sesi Berbagi Pengalaman dari Jakarta dan Sri Lanka. Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup, hadir sebagai perwakilan DKI Jakarta dan mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan DKI Jakarta terkait adaptasi dan mitigasi. Sedangkan perwakilan Sri Lanka mempresentasikan program dan kegiatan dalam menanggulangi permasalahan sampah.

Hari Kedua

Hari ke-2 dalam agenda Lokakarya di isi dengan pemahaman Theory U. Esensi kepemimpinan menurut Teori U adalah kemampuan menfasilitasi perubahan sisi dalam diri seseorang atau organisasi untuk menangkap masa depan dan mengeksplorasi dengan penuh kreativitas. SESI ini moderatori oleh: Frans Sugiarta, salah satu co-designer dari program IDEAS Indonesia yang telah menyelesaikan program kepemimpinan di Massachussetts Institute of Technology (MIT) AS.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga dilakukan kunjungan lapangan ke lokasi : (i) Pengelolaan sampah sekala rumah tangga di Rawa Sari, (ii) Program Kampung Iklim di Kelurahan Sunter Jaya, dan (iii) Tempat pengelolaan sampah PT. Ancol.

Check Also

WhatsApp Image 2018-11-15 at 10.41.39 (1)

Rapat Persiapan Ambitious City Promises CiBiX City-Business Collaboration Ideator

Jakarta, 15 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menjalankan pertemuan dengan …