Home / Kegiatan / Rapat Koordinasi Penyusunan Kerangka Pengembangan Transit Oriented Development (TOD) DKI Jakarta

Rapat Koordinasi Penyusunan Kerangka Pengembangan Transit Oriented Development (TOD) DKI Jakarta

Jakarta, 12 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menyelenggarakan rapat dengan agenda penyusunan kerangka pengembangan Transit Oriented Development (TOD). Pertemuan ini dipimpim langsung oleh Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dan didampingi Asisten Deputi Bidang Tata Ruang beserta staf. Pertemuan ini dihadiri oleh pihak dari MRT Jakarta (Mass Rapid Transit), HUD, dan mahasiswa Keja Praktek TRLH Jurusan PWK Universitas Pakuan.

Pertemuan ini membahas mengenai pentingnya pembuatan kerangka TOD DKI Jakarta, dimana kerangka ini nantinya akan membahas mengenai hal-hal penting yang harus ada dalam TOD, seperti contohnya  kebijakan seperti apa yang harus ada dalam TOD, regulasi seperti apa, strtategi, sistem monitoring dan evaluasi, dan lain sebagainnya. Selain itu pihak dari HUD menjelaskan bahwa saat ini mereka sudah memetakan semua peraturan atau regulasi yang berhubungan dengan TOD. Kemudian dijelaskan pula bahwa dalam TOD minimal harus mengatur mengenai beberapa hal berikut, yakni: (i) Infrastruktur/transportasi publik; (ii) Perumahan rakyat; (iii) Aktivitas ekosob bagi rakyat; (iv) Ruang terbuka bagi rakyat; (v) Kepedulian dengan rakyat.

Selanjutnya DepGub TRLH menyimpulkan beberapa hal yang harus ada dan menjadi kerangka dalam pengembangan TOD DKI Jakarta, ialah: (i) Visi dan Misi; (ii) Kebijakan; (iii) Strategi dan Objektiv; (iv) Aspek Keruangan; (v) Kerjasama swasta dan pembiyaan; (vi) Pemanfaatan Lain (Housing,dll); (vii) Partisipasi Publik; (viii) Data; (ix) Kelembagaan; dan (x) Monitoring dan Evalausi.

Nantinya rapat ini akan ditindaklanjuti dengan akan diadakannya pertemuan berkala yang akan  membahas lebih lanjut mengenai kerangka pengembangan ini. Serta nantinya pihak MRT akan membantu untuk membuat Roadmap penyelesaian kerangka tersebut.

Check Also

APP SInarmas tindak lanjut

Pertemuan Tindak Lanjut Lokakarya Kolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat

Setelah diselenggarakannya acara “Lokakarya Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat” pada hari Rabu 16 Januari 2019, Deputi …