Home / Kegiatan / Rapat Persiapan Ambitious City Promises CiBiX City-Business Collaboration Ideator
WhatsApp Image 2018-11-15 at 10.41.39 (1)

Rapat Persiapan Ambitious City Promises CiBiX City-Business Collaboration Ideator

Jakarta, 15 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menjalankan pertemuan dengan ICLEI dan beberapa dinas terkait yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Perhubungan dan Badan Pengawas BUMD.

ICLEI – Local Government for Sustainability adalah jaringan global terkemuka di lebih dari 1.500 kota dan wilayah di lebih dari 100 negara yang berkomitmen untuk membangun masa depan yang berkelanjutan. Sebagai jaringan global, ICLEI berperan sebagai titik koneksi antara pemerintah lokal dan regional di seluruh dunia.

Melalui upaya kolektif kami, ICLEI memobilisasi jaringan globalnya untuk terhubung dengan rekan-rekan mereka dan untuk membangun hubungan strategis dengan aktor-aktor kunci dan influencer di luar lingkup pemerintah dan berdampak lebih dari 25 persen dari populasi perkotaan global.

Pada pertemuan tersebut membahas mengenai program ICLEI mengenai upaya pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca yang dimana Program tersebut dikemas dalam program Ambitious City Promises dan salah satu kegiatan yang selenggarakan yaitu CiBiX (City-Business Collaboration Ideator) dalam bentuk Lokakarya pada Selasa 4 Desember 2018 di Balai Kota, DKI Jakarta.

CiBiX (City Business Accelerator), merupakan sebuah model layanan ICLEI untuk Kolaborasi Kota-Bisnis, dengan menghubungkan kota ACP dengan teknologi terbaru dan untuk menciptakan konsep kota cerdas yang menyeluruh untuk mendukung pengembangan Rencana Pembangunan Rendah Emisi Kota (atau “City Promise”). Lokakarya CiBiX Ideator akan mendemonstrasikan bagaimana teknologi baru dapat meningkatkan kelangsungan PPA (Proyek, Program, dan Aktivitas) pemerintah lokal yang sedang berada dalam jalur untuk menghasilkan output skala besar. Lokakarya CiBiX akan membantu kota-kota dalam mengidentifikasi solusi inovatif untuk masalah mereka dan membentuk kembali infrastruktur perkotaan untuk memperkuat tujuan iklim jangka panjang mereka. Selain itu, pertukaran ini akan meningkatkan partisipasi sektor bisnis, sebagai salah satu kelompok target utama dari program Ambitious City Promises, sebagai bagian dari interaksi pemangku kepentingan dalam pengembangan dan implementasi dari City Promise.

Keluaran dan informasi yang diperoleh selama lokakarya akan dikompilasi menjadi sebuah intisari lokakarya. Kemudian, dokumen komunikasi yang berisi tantangan dan peluang yang teridentifikasi akan didistribusikan dengan perusahaan yang hadir serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan kota-kota ACP lainnya yang hadir.

Check Also

diskusi terbatas

Diskusi Terbatas STRATEGI PENGEMBANGAN TERPADU DKI JAKARTA

Isu utama pengembangan metropolitan Jakarta adalah fragmented governance dan bekerja dalam silo. Upaya penanganannya berupa …