Home / Kliping / Rusun, Pasar, hingga Dermaga Akan Dibangun di Pulau Reklamasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau rumah yang ambles di bantaran Kali Anak Ciliwung RT 001 RW 008 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11/2018).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusun, Pasar, hingga Dermaga Akan Dibangun di Pulau Reklamasi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/24/18055381/rusun-pasar-hingga-dermaga-akan-dibangun-di-pulau-reklamasi. 
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Andri Donnal Putera
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau rumah yang ambles di bantaran Kali Anak Ciliwung RT 001 RW 008 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11/2018).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusun, Pasar, hingga Dermaga Akan Dibangun di Pulau Reklamasi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/24/18055381/rusun-pasar-hingga-dermaga-akan-dibangun-di-pulau-reklamasi. Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Andri Donnal Putera

Rusun, Pasar, hingga Dermaga Akan Dibangun di Pulau Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau rumah yang ambles di bantaran Kali Anak Ciliwung RT 001 RW 008 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11/2018).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusun, Pasar, hingga Dermaga Akan Dibangun di Pulau Reklamasi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/24/18055381/rusun-pasar-hingga-dermaga-akan-dibangun-di-pulau-reklamasi.  Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Andri Donnal Putera
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau rumah yang ambles di bantaran Kali Anak Ciliwung RT 001 RW 008 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11/2018).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pulau reklamasi C, D, dan G akan diisi berbagai sarana dan prasarana publik. Dalam Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018 tentang penugasan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola pulau reklamasi, disebut prasarana yang dimaksud antara lain rumah susun tematik untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pasar tematik ikan, tempat ibadah, kantor pemerintah, dan dermaga. Baca juga: Pantai di Pulau Reklamasi Akan Dibuka Gratis untuk Publik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pulau reklamasi akan menjadi permukiman baru di Jakarta. “Kami akan bikin kelurahan baru, nanti setelah ada warganya yang tinggal,” ujar Anies kepada wartawan di Bogor, Sabtu (24/11/2018). Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto menyatakan siap mengelola pulau reklamasi yang ditugaskan Pemerintah DKI. Baca juga: Pengembang Belum Tahu Pulau Reklamasi Akan Dikelola Jakpro “Harus siap,” kata Dwi. Menurut Dwi, Jakpro bakal mengurus pulau reklamasi melalui sistem business to business (B2B) dengan prinsip good corporate governance. Dwi mengaku akan mempelajari dan menyiapkan langkah pengelolaan untuk ke depannya. “Agar bermanfaat untuk rakyat,” ujar Dwi. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menugaskan PT Jakpro mengelola tiga pulau reklamasi di pantai utara Jakarta yang terlanjur didirikan. Baca juga: Gubernur DKI Akan Beri Nama 3 Pulau Reklamasi Teluk Jakarta Penugasan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018 yang disahkan pada 16 November 2018.  Berdasarkan isi Pergub, Anies menugaskan Jakpro mengelola tanah hasil reklamasi pantai utara Jakarta selama sepuluh tahun. Tanah yang dimaksud adalah lahan kontribusi yang ada di setiap dari tiga pulau itu. Lahan kontribusi meliputi perencanaan, pembangunan dan pengembangan prasarana untuk kepentingan publik alias fasum dan fasos.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Rusun, Pasar, hingga Dermaga Akan Dibangun di Pulau Reklamasi “, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/24/18055381/rusun-pasar-hingga-dermaga-akan-dibangun-di-pulau-reklamasi.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Andri Donnal Putera

Check Also

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi usai meninjau lokasi kebakaran di Jalan Tomang Raya RT 002/RW 015, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat pada Senin (21/1/2019).(Kompas.com/RIMA WAHYUNINGRUM)

Sering Kebakaran di Jakarta Barat, Wali Kota Imbau Warga Pastikan Instalasi Listrik Sesuai Standar

JAKARTA,KOMPAS.com – Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan perlunya menumbuhkan rasa waspada atas terjadinya …