Home / Kegiatan / Rapat Persiapan Lokakarya Cibix City – Business Collaboration Ideator Ambitious City Promises
cibix

Rapat Persiapan Lokakarya Cibix City – Business Collaboration Ideator Ambitious City Promises

cibix

Jakarta, 29 November 2018.

Kedeputian Gubernur bidang TRLH bekerjasama dengan ICLEI akan menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Cibix  City – Business Collaboration Ideator Ambitious City Promises pada tanggal 4 Desember 2018 di Balaikota. Lokakarya ini merupakan rangkaian dari kegiatan Ambitious City Promises (ACP)

Ambitious City Promises adalah strategi dan rencana aksi penanggulangan iklim yang diadopsi oleh Seoul Metropolitan Government pada tahun 2015. ACP memiliki 11 ikhtiar yang mencangkup semua bidang perubahan iklim, baik energi, kualitas udara, transportasi, kualitas air, ekologi, pertanian perkotaan, kesehatan, keselamatan maupun perencanaan kota. Secara global, program ini telah diluncurkan pada 20 Oktober 2017 di Seoul Mayors Forum 2017 di Seoul, Korea Selatan dan telah terpilih/ditetapkan masing-masing 3 (tiga) kota dari 3 (tiga) negara yaitu DKI Jakarta-Indonesia, Kota Pasig-Filipina dan Kota Hanoi-Vietnam. Serta telah terpilih juga 6 (enam) kota Satelit yaitu kota Bekasi dan Tangerang dari Indonesia, kota Marikina dan Paranaque dari Filipina dan kota Soc Son dan Son Tay dari Vietnam.

ICLEI mengembangkan model CiBiX (City-Business Collaboration Accelerator) guna mempertemukan Pemerintah lokal dengan para penyedia solusi yang tepat dalam bentuk lokakarya kolaborasi tahap awal. Pengintegrasian lokakarya ini ke dalam program Ambitious City Promises adalah untuk memastikan bahwa strategi pembangunan rendah emisi yang sedang dibuat oleh kota telah mencakup perspektif bisnis dari awal.

Kegiatan lokakarya CiBiX ini diharapkan akan menghasilkan transfer pengetahuan antara kota dengan dunia bisnis dalam bentuk solusi nyata yang dapat diintegrasikan ke dalam rencana aksi dan menciptakan keasadaran atas hambatan kolaborasi yang menghambat adopsi dan implementasi inisiatif secara berkelanjutan.

 

 

Check Also

APP SInarmas tindak lanjut

Pertemuan Tindak Lanjut Lokakarya Kolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat

Setelah diselenggarakannya acara “Lokakarya Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat” pada hari Rabu 16 Januari 2019, Deputi …