Home / Kegiatan / Responsible Business Forum (RBF) 2018
IFC MEDIA

Responsible Business Forum (RBF) 2018

IFC MEDIA

Kota Jakarta diwakili oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta berkesempatan menjadi salah satu panelis pada Workstream Session 1: Framing the Issue Urbanisation pada Responsible Business Forum (RBF) on Sustainable Development 2018 bertemakan Shaping the World in 2030: Partnerships for SDGs Action tanggal 12 Oktober 2018 di Singapura. Dari Indonesia turut menjadi panelis wakil dari Bappenas.

RBF diselenggarakan oleh Global Initiative dan UNDP yang bertujuan mempertemukan pihak pemerintah dan non pemerintah dalam upaya pencapaian target SDGs. RBF merupakan kegiatan berskala global yang dilaksanakan secara rutin untuk membantu mendorong solusi industri berkelanjutan melalui kemitraan publik-swasta.

Urbanisasi merupakan salah satu dari lima tema utama pada RBF 2018. RBF 2018 diselenggarakan setiap tahun dan merupakan kegiatan kunci UNDP Asia Pasifik dalam mempermudah pencapaian target SDGs. RBF 2018 memperkenalkan pendekatan baru berupa pendekatan kolaboratif yang berorientasi aksi dan solusi praktis lintas lima aspek penting untuk mencapai target SDGs. Kelima aspek yaitu perubahan iklim, urbanisasi, ekonomi sirkuler, hak asasi manusia, dan makanan dan nutrisi.

Sesi ini dihadiri setidaknya 20 perusahaan, dan diselenggarakan bekerjasama dengan 100 Resilient Cities dan pemerintah kota Jakarta, Da Nang dan Bangkok

Pada penutupan RBF 2018 disampaikan beberapa kesepakatan diantaranya bahwa bekerja dalam silo menghasilkan ketidakefektifan. Kemitraan mempersatukan publik, swasta dan masyarakat madani yang juga membantu memperkenalkan ide keberlanjutan kepada pasar secara lebih efektif. Selain itu, mendorong kondisi yang memungkinkan melakukan eksperimen dan memperkenankan kolaborasi.

Global Initiatives  (www.globalinitiatives.com) merupakan  perusahaan global berlokasi di SIngapura yang mempromosikan solusi kemitraan berkelanjutan melalui film, media dan kegiatan yang diinisiasi melalui kerjasama publik-swasta. Sementara UNDP (United Nations Development Programme/www.undp.org)  bermitra dengan masyarakat pada berbagai tingkatan untuk membantu membangun negara yang mampu menghadapi krisis, dan mempertahankan pertumbuhan yang memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Bekerja pada lebih dari 170 negara, UNDP menawarkan cara pandang global dan lokal untuk membantu memperkuat kehidupan dan membangun negara berketahanan.

http://www.responsiblebusiness.com/forum/responsible-business-forum-sustainable-development-2018/type/speakers

Pernyataan Pers

http://www.responsiblebusiness.com/wp-content/uploads/2018/10/MEDIA-RELEASE_RBF-2018_7th-Responsible-Business-Forum-closes-with-new-solutions-and-commitments_MH.pdf

 

Check Also

APP SInarmas tindak lanjut

Pertemuan Tindak Lanjut Lokakarya Kolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat

Setelah diselenggarakannya acara “Lokakarya Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat” pada hari Rabu 16 Januari 2019, Deputi …