Home / Kliping / 30 Kubik Sampah Diangkut dari Perairan Pulau Pari
30 kubik sampah

30 Kubik Sampah Diangkut dari Perairan Pulau Pari

30 kubik sampah

Memasuki musim hujan, perairan Kepulauan Seribu menerima cukup banyak sampah kiriman yang terbawa melalui aliran sungai dan kali di Jakarta.

” Ini dilakukan karena pada musim hujan tidak sedikit sampah daratan yang terbawa arus ke pulau sisi selatan”

Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengatasi banyaknya sampah kiriman tersebut. Salah satunya dengan menggelar gerebek sampah yang kali ini dipusatkan di perairan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

“Selain untuk menjaga agar pulau tetap bersih, gerebek sampah ini juga dilakukan sebagai usaha mengedukasi warga dan wisatawan agar tidak membuang sampah di laut,” ujar Husein Murad, Bupati Kepulauan Seribu saat memimpin gerebek sampah di Pulau Pari, Kamis (29/11).

Dijelaskan Husein, dari hasil gerebek sampah ini, sebanyak 30 kubik sampah berhasil dikumpulkan untuk kemudian diangkut menggunakan KM Laut Bersih ke darat.

Ke depan, sambung Husein, pihaknya akan lebih menggencarkan gerakan kebersihan pesisir pulau, khususnya saat musim hujan di pulau-pulau permukiman.

“Ini dilakukan karena pada musim hujan tidak sedikit sampah daratan yang terbawa arus ke pulau sisi selatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman menuturkan, gerebek sampah kali ini pihaknya mengerahkan puluhan petugas kebersihan dan PPSU yang dibantu ASN.

“Sampah yang terkumpul sebagian besar berupa plastik kemasan,” tandasnya.

Check Also

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menggodok implementasi rencana menjadikan Sungai Ciliwung …