Home / Kegiatan / Lokakarya CiBiX (City-Business Collaboration Accelerator)
cibix2

Lokakarya CiBiX (City-Business Collaboration Accelerator)

cibix1

cibix4

Jakarta, 4 Desember 2018.

Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan lingkungan Hidup bekerjasama dengan ICLEI (International Council for Local Environmental Initiatives) menyelenggarakan Lokakarya CiBiX (City-Business Collaboration Accelerator) yang diadakan di Ruang Pertemuan Lantai 23., Gedung Block G.

Dalam upaya untuk mencapai aksi iklim yang ambisius melalui strategi pembangunan rendah emisi tentu membutuhkan lebih dari sekedar visi yang kuat. Untuk memenuhi target yang dijanjikan, kota-kota yang terlibat dalam Ambitious City Promises perlu mendapat dukungan dari para pemangku kepentingan dan dapat mengembangkan kemitraan publik-swasta yang kuat yang berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca. ICLEI mengembangkan model CiBiX (City-Business Collaboration Accelerator) guna mempertemukan Pemerintah lokal dengan para penyedia solusi yang tepat dalam bentuk lokakarya kolaborasi tahap awal. Pengintegrasian lokakarya ini ke dalam program Ambitious City Promises adalah untuk memastikan bahwa strategi pembangunan rendah emisi yang sedang dibuat oleh kota telah mencakup perspektif bisnis dari awal. Fokus utama pada Lokakarya CiBix adalah peranan perusahaan nasional/internasional yang menyediakan inovasi teknologi pada sektor energi; limbah; dan transportasi.

Lokakarya di buka oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan lingkungan Hidup dengan didampingi oleh Asisten Deputi Gubernur bidang Lingkungan Hidup dan Asisten Deputi Gubernur bidang Tata Ruang. Acara dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta (Dinas Lingkungan Hidup., Dinas Perindustrian dan Energi., Dinas Perhubungan., Dinas Penanaman Modal dan Penanaman Terpadu Satu Pintu., Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan), Swasta ( WIKA Industri., PT. TURV NORD., PT. PIPA., PT. GMN., AKUO ENERGY., PT. PRACOM., Most Valued Business (MVB)), Asosiasi (Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI).,  Green Building Concil Indonesia (GBCI)), Lembaga Kerja sama Internasional (GIZ, IFC), Lembaga Non Pemerintah (IIEE, ICLEI)

Lokakarya CiBiX 2018 merupakan suatu Kick off/ pertemuan awal  untuk memasilitasi: (i) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyampaikan komitmen, tujuan, serta hambatan yang  dihadapi pemerintah daerah sampai saat ini, untuk mencapai target Pengurangan Emisi GRK sebesar 30% pada tahun 2030, (ii) sektor bisnis untuk mengidentifikasi potensi mereka dalam mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mencapai target ambisius ini.

Peserta Lokakarya sepakat untuk membentuk Forum Aktif CiBix yang akan diadakan secara Berkala setiap 3 Bulan Sekali.

cibix2

 

Check Also

APP SInarmas tindak lanjut

Pertemuan Tindak Lanjut Lokakarya Kolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat

Setelah diselenggarakannya acara “Lokakarya Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat” pada hari Rabu 16 Januari 2019, Deputi …