Home / Kliping / LIPI Sebut 21 Ton Sampah Masuk ke Teluk Jakarta Tiap Harinya
Sampah yang menumpuk di kawasan Teluk Jakarta, Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018). Pencemaran di wilayah Teluk Jakarta mayoritas bersumber dari limbah domestik rumah tangga yang menyebabkan air laut menjadi tercemar dan berdampak buruk bagi ekosistem di lingkungan sekitar.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "LIPI Sebut 21 Ton Sampah Masuk ke Teluk Jakarta Tiap Harinya", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/10/15413661/lipi-sebut-21-ton-sampah-masuk-ke-teluk-jakarta-tiap-harinya. 
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Kurnia Sari Aziza
Sampah yang menumpuk di kawasan Teluk Jakarta, Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018). Pencemaran di wilayah Teluk Jakarta mayoritas bersumber dari limbah domestik rumah tangga yang menyebabkan air laut menjadi tercemar dan berdampak buruk bagi ekosistem di lingkungan sekitar.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "LIPI Sebut 21 Ton Sampah Masuk ke Teluk Jakarta Tiap Harinya", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/10/15413661/lipi-sebut-21-ton-sampah-masuk-ke-teluk-jakarta-tiap-harinya. Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Kurnia Sari Aziza

LIPI Sebut 21 Ton Sampah Masuk ke Teluk Jakarta Tiap Harinya

Sampah yang menumpuk di kawasan Teluk Jakarta, Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018). Pencemaran di wilayah Teluk Jakarta mayoritas bersumber dari limbah domestik rumah tangga yang menyebabkan air laut menjadi tercemar dan berdampak buruk bagi ekosistem di lingkungan sekitar.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "LIPI Sebut 21 Ton Sampah Masuk ke Teluk Jakarta Tiap Harinya", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/10/15413661/lipi-sebut-21-ton-sampah-masuk-ke-teluk-jakarta-tiap-harinya.  Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Kurnia Sari Aziza
Sampah yang menumpuk di kawasan Teluk Jakarta, Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018). Pencemaran di wilayah Teluk Jakarta mayoritas bersumber dari limbah domestik rumah tangga yang menyebabkan air laut menjadi tercemar dan berdampak buruk bagi ekosistem di lingkungan sekitar.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) menyebut sebanyak 21 ton sampah mengalir dari sungai-sungai di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi ke Teluk Jakarta, setiap harinya. Peneliti Kimia Laut dan Ekotoksikologi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Reza Cordova mengatakan, sampah-sampah tersebut umumnya berasal dari Tangerang dan Bekasi. “Kalau kita lihat satu sungai-satu sungai, sampah yang ada di Jakarta itu relatif dari administratif Jakarta, ya, sebenarnya relatif lebih sedikit dibanding dari Tangerang sama Bekasi,” kata Reza di Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12/2018). Baca juga: Anies Ingin Sinergi dengan Wilayah Tetangga Atasi Sampah Teluk Jakarta Reza menuturkan, rata-rata sampah dari masing-masing sungai di Jakarta sebanyak 1 ton. Sementara, jumlah sampah dari sungai di Tangerang dan Bekasi mencapai 7-8 ton. Reza menilai, hal itu disebabkan manajemen pengelolaan sampah di Jakarta yang sudah lebih baik dari dua daerah tetangganya. Ia pun mengapresiasi kinerja pasukan oranye yang bertugas membersihkan sampah dari sungai. Baca juga: Hal-hal Ini Menyulitkan Petugas Membersihkan Lautan Sampah di Muara Angke “Kita juga sangat terbantu dengan pasukan oranye itu. Kalau misalnya enggak ada pasukan oranye, (jumlah sampah) kita (Jakarta) mungkin sudah sama (dengan Tangerang dan Bekasi),” ujar dia. Reza menuturkan, jenis sampah yang paling umum ditemui adalah sampah plastik. Ia mengatakan, sampah plastik dapat berbahaya bagi biota laut yang tidak bisa membedakan antara sampah plastik dan makanan mereka yaitu hewan renik seperti plankton. Baca juga: Warga Diminta Ikut Serta Bersihkan Lautan Sampah di Kolong Tol Pelabuhan Beberapa waktu lalu, sampah kiriman dikabarkan terlihat mengambang di perairan Kepulauan Seribu. Sampah-sampah itu umumnya terdiri dari sampah plastik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “LIPI Sebut 21 Ton Sampah Masuk ke Teluk Jakarta Tiap Harinya”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/10/15413661/lipi-sebut-21-ton-sampah-masuk-ke-teluk-jakarta-tiap-harinya.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …