Home / Kliping / Pembangkit Listrik Tenaga Surya Bakal Dibangun di Pulau Sebira
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Bakal Dibangun di Pulau Sebira

(Foto : Suparni / Beritajakarta.id
Foto : Suparni / Beritajakarta.id

Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Provinsi DKI Jakarta dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara.

” Kami mendukung rencana pembangunannya, sebab pembangunan PLTS di Pulau Sebira ini merupakan salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan listrik warga”

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kepulauan Seribu, Iwan Samosir menuturkan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan layanan listrik 24 jam bagi warga Pulau Sebira.

“Kami mendukung rencana pembangunannya, sebab pembangunan PLTS di Pulau Sebira ini merupakan salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan listrik warga,” tuturnya Senin (10/12).

Dijelaskan Iwan, terkait pembangunannya kemarin telah dilakukan survei lokasi. Selanjutnya, PLTS itu akan di bangun di dekat lapangan bola Pulau Sebira. Survei terkait permintaan lahan seluas 6 ribu meter persegi oleh Dinas PE melalui Sudin PE Kepulauan Seribu tersebut melibatkan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait karena menyangkut alat kepemilikan, keabsahan kepemilikan dan tata ruang.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Kepulauan Seribu, Melinda Sagala menambahkan, beberapa upaya pemenuhan kebutuhan listrik di Pulau Sebira, melalui pembangkit listrik tenaga diesel (genset) terus dilakukan dari yang sebelumnya 14 jam sehari menjadi 18 jam sehari. Hal itu telah dilakukan sejak awal Desember kemarin.

“Tahun depan (2019) kita upayakan 24 jam, apalagi didukung oleh pembangunan PLTS, harapannya semoga cepat terealisasi,”

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …