Home / Kliping / Sampah Kotori Tepi Tanggul Muara Baru
Sampah berceceran di tepian tanggul pengaman pantai di Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (11/12/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sampah Kotori Tepi Tanggul Muara Baru", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/11/23004561/sampah-kotori-tepi-tanggul-muara-baru. 
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Kurnia Sari Aziza
Sampah berceceran di tepian tanggul pengaman pantai di Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (11/12/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sampah Kotori Tepi Tanggul Muara Baru", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/11/23004561/sampah-kotori-tepi-tanggul-muara-baru. Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Kurnia Sari Aziza

Sampah Kotori Tepi Tanggul Muara Baru

Sampah berceceran di tepian tanggul pengaman pantai di Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (11/12/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sampah Kotori Tepi Tanggul Muara Baru", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/11/23004561/sampah-kotori-tepi-tanggul-muara-baru.  Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Kurnia Sari Aziza
Sampah berceceran di tepian tanggul pengaman pantai di Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (11/12/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai jenis sampah berceceran mengotori tepi tanggul pengaman pantai di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (11/12/2018). Sampah-sampah tersebut diduga berasal dari warga sekitar yang buang sampah sembarangan. “Masih ada saja yang bandel buang sampah sembarangan ke laut, tetapi saya juga enggak tahu siapa (yang buang sampah) karena malam-malam biasa buangnya,” kata Yanti saat ditemui di Jakarta Utara, Selasa. Baca juga: Tanggul Rembes di Muara Baru, Saluran Dibuat untuk Cegah Genangan Yanti menuturkan, pengurus RT setempat sudah menyediakan petugas kebersihan. Namun, ia menyebut masih saja ada warga yang membuang sampah ke laut. Dedi, warga lainnya, menduga sampah-sampah tersebut datang dari laut bersamaan dengan datangnya pasang. “Ini sampah-sampah kebawa arus, ada juga yang timbul dari dalam. Cuma memang ada warga yang buang sampah sembarangan ke sini,” ujar Dedi. Baca juga: Tanggul Laut di Muara Baru Bocor, Warga Khawatir Jebol Dedi menambahkan, petugas jarang membersihkan sampah yang mengotori area tersebut. “Terakhir itu beberapa minggu yang lalu, (sampah-sampah) ini mungkin sisanya yang enggak bisa terangkut,” kata Dedi. Warga lainnya, Subiakto khawatir sampah yang kian menumpuk menyebabkan air meluap dan menggenangi rumah warga. Baca juga: Tanggul Sungai Lamasi Jebol, Ratusan Rumah di Luwu Terendam Banjir “Khawatir kalau banjir sampah meluap karena enggak pernah dibersihin. Bagian yang di sini enggak dijangkau Dinas Kebersihan,” ucapnya. Berdasarkan pantauan Kompas.com, sampah-sampah didominasi plastik dan sterofoam. Potongan-potongan busa juga tampak mengambang di sana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sampah Kotori Tepi Tanggul Muara Baru”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/11/23004561/sampah-kotori-tepi-tanggul-muara-baru.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …