Home / Kliping / Dinas LH Lakukan Perbaikan di 26 Pintu Saringan Sampah
dinas LH

Dinas LH Lakukan Perbaikan di 26 Pintu Saringan Sampah

dinas LH

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melakukan perbaikan ringan di 26 pintu saringan sampah pada tahun ini.

” Kita ingin memastikan semua pintu saringan sampah di Jakarta berfungsi baik”

Kepala Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas LH DKI Jakarta, Yayat Supriatna mengatakan, perbaikan ringan tersebut meliputi penggantian komponen yang rusak maupun sudah aus. Selain bagian mesin, konveyor, dan panel listrik, perbaikan juga dilakukan pada rotary screen.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan, kita ingin memastikan semua pintu saringan sampah di Jakarta berfungsi baik,” ujarnya, Senin (17/12).

Yayat menjelaskan, dari total perencanaan perbaikan ringan tahun ini, secara keseluruhan sudah hampir selesai. Hingga saat ini hanya tersisa dua pintu saringan sampah yang masih dalam tahap pengerjaan perbaikan ringan.

“Semua yang sudah diperbaiki langsung kita uji coba untuk memastikan berfungsi dengan baik,” terangnya.

Sementara, Pejabat Pengadaan Barang/Jasa Dinas LH DKI Jakarta, Lukman Dermanto menuturkan, mayoritas pintu saringan sampah di Jakarta dibangun sebelum tahun 2010 dan belum pernah dilakukan penggantian komponen atau onderdil mesin.

“Tahun ini kita lakukan perbaikan di 26 lokasi dengan nilai alokasi anggaran sekitar Rp 69 miliar. Sementara, satu penyaring sampah lainnya yang berada di dekat Pusat Grosir Cililitan akan diperbaiki tahun depan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pintu saringan sampah harus berfungsi baik untuk memastikan tidak ada sampah yang masuk ke rumah-rumah pompa karena dapat memicu terjadinya kerusakan.

“Kalau sampai sampah masuk bisa stuck dan tunnel tersumbat,” tandasnya.

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …