Home / Kegiatan / Pertemuan Perdana Forum Energi
energi4

Pertemuan Perdana Forum Energi

energi2 energi1

Kedeputian Gubernur DKI bidang TRLH sedang gencar mengupayakan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca diantaranya melalui upaya pemanfaatan energi baru terbarukan. Setelah sukses menginisiasi Forum Bangunan Gedung Hijau yang hingga kini rutin dilaksanakan setiap bulannya, dan Forum Pertanian Perkotaan yang secara berkala akan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, kini Kedeputian TRLH bersama dengan Dinas Perindustrian dan Energi akan secara bersama menyelenggarakan pertemuan berkala Forum Energi pada tanggal 19 Desember 2018. Penyelenggaraan ini adalah yang perdana untuk Forum Energi.

Forum dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan didampingi oleh Asisten Gubernur bidang Tata Ruang dan Asisten Gubernur bidang Lingkungan Hidup, dengan dihadiri oleh  45 peserta yang berasal dari para pemangku kepentingan dari unsur: Pemerintah pusat (Balai Besar Teknologi Konservasi Energi (B2TKE))., Pemprov DKI Jakarta (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta., Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.,Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta., Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta., Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta., Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta.,Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta., Biro Umum), NGO (ICLEI, CityNet, IIEE), Asosiasi (AESI, Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap, Green Building Council Indonesia, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia), BUMN (PT. PLN Disjaya., PT Telkom), Swasta (Most Valued Business., PT. Indogreen., PT. Energy Management Indonesia (EMI)., Kedutaan Denmark dan Jakarta Berketahanan.

Narasumber yang hadir mengisi Acara berasal dari:

  1. PT. PLN Disjaya: General Manager PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jakarta Raya M. Ikhsan Asaad  menyampaikan pemaparan dengan topik: “Pengembangan Energi Terbarukan di Jakarta”
  2. Dinas Perindustrian dan Energi menyampaikan pemaparan dengan topik: “Implementasi Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi di DKI Jakarta”
  3. ICLEI Indonesia menyampaikan pemaparan dengan topik: “Peningkatan Peran Warga Dalam Mendukung Pengembangan Energi Efisiensi Dan Energi Terbarukan Di DKI Jakarta”

Dalam diskusi mengemuka pentingnya juga mengedepankan waste to energy pada skala komunitas. Untuk itu, pada pertemuan berikutnya akan diagendakan uji coba  WTE di kelurahan. Selain juga akan diagendakan pembelajaran uji coba surya atap di sekolah dasar dan laporan hasil uji coba pemasangan alat pantau penghematan energi pada gedung pemerintah.

Para peserta Forum Energi sepakat untuk secara berkala terus diadakan pertemuan setiap bulannya. Forum ini akan berfungsi sebagai wadah koordinasi, diskusi dan pemecahan masalah bagi beragam pemangku kepentingan yang terkait dengan permasalahan energi di DKI Jakarta. Tema utama yang diangkat dalam forum energi perdana adalah mengenai Energi Baru Terbarukan (EBT).

Jika berkenan silahkan hadir dan tidak dipungut biaya.  Sila daftar ke email oswar.mungkasa63@gmail.com

 

energi3 energi4

Check Also

WhatsApp Image 2019-07-11 at 21.20.43

Hari Keempat – 2019 Urban Resilience Summit

Rotterdam, 11 Juli 2019. Kegiatan 2019 Urban Resilience Summit ini merupakan ajang berbagi kesempatan bagi para pesertanya …