Home / Kegiatan / Groundbreaking ITF Sunter
ITF2

Groundbreaking ITF Sunter

ITF2 ITF1

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking) proyek pembangunan fasilitas pengelolaan sampah dalam kota Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter pada hari ini, Kamis Tanggal 20 Desember 2018.

Groundbreaking dilakukan oleh sejumlah pihak, di antaranya Gubernur DKI Jakarta, Dirut Jakpro, Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Wakil DPRD DKI, serta perwakilan dari Fortum. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan yang diwakili oleh Asisten Deputi Gubernur bidang Lingkungan Hidup turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Setiap harinya warga Jakarta memproduksi sampah sekitar 7.000 hingga 8.000 ton. Tetapi, sampai saat ini, kita belum juga berhasil memiliki fasilitas pengolahan sampah di dalam kota. Sampah yang dihasilkan oleh jutaan warga Jakarta dan warga commuter di Jakarta nyaris semuanya dikirim ke TPST Bantargebang di Kota Bekasi. Pola penimbunan sampah di TPST Bantargebang tidak dapat menyelesaikan masalah sampah dan kapasitas TPST Bantargebang pun hampir melampaui batas.

ITF Sunter akan menjadi ITF pertama yang akan dibangun di Indonesia. Dengan demikian, pembangunan ITF sekaligus menjadi proyek strategis Nasional dalam bidang energi. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan pembangunan fasilitas pengelolaan sampah ITF Sunter menjadi proyek pertama di Indonesia. Sehingga diharapkan dokumen lingkungan maupun pelaksanaan operasionalnya berlangsung baik dan lancar, karena sebagai proyek percontohan di Indonesia.

ITF4

 

Check Also

WhatsApp Image 2019-07-11 at 21.20.43

Hari Keempat – 2019 Urban Resilience Summit

Rotterdam, 11 Juli 2019. Kegiatan 2019 Urban Resilience Summit ini merupakan ajang berbagi kesempatan bagi para pesertanya …