Home / Kliping / DKI Kerja Sama dengan Bodetabekjur Bangun Saringan Sampah
Warga yang tinggal di bantaran sungai anak Kali Ciliwung di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, membersihkan sampah sungai, Minggu (8/11). Dalam kegiatan tersebut, juga diluncurkan rakit pembersih sungai yang merupakan hasil swadaya warga. (KOMPAS/RADITYA HELABUMI )

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DKI Kerja Sama dengan Bodetabekjur Bangun Saringan Sampah", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/20/21513881/dki-kerja-sama-dengan-bodetabekjur-bangun-saringan-sampah. 
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik
Warga yang tinggal di bantaran sungai anak Kali Ciliwung di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, membersihkan sampah sungai, Minggu (8/11). Dalam kegiatan tersebut, juga diluncurkan rakit pembersih sungai yang merupakan hasil swadaya warga. (KOMPAS/RADITYA HELABUMI ) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DKI Kerja Sama dengan Bodetabekjur Bangun Saringan Sampah", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/20/21513881/dki-kerja-sama-dengan-bodetabekjur-bangun-saringan-sampah. Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik

DKI Kerja Sama dengan Bodetabekjur Bangun Saringan Sampah

Warga yang tinggal di bantaran sungai anak Kali Ciliwung di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, membersihkan sampah sungai, Minggu (8/11). Dalam kegiatan tersebut, juga diluncurkan rakit pembersih sungai yang merupakan hasil swadaya warga. (KOMPAS/RADITYA HELABUMI ) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DKI Kerja Sama dengan Bodetabekjur Bangun Saringan Sampah", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/20/21513881/dki-kerja-sama-dengan-bodetabekjur-bangun-saringan-sampah.  Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik
Warga yang tinggal di bantaran sungai anak Kali Ciliwung di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, membersihkan sampah sungai, Minggu (8/11). Dalam kegiatan tersebut, juga diluncurkan rakit pembersih sungai yang merupakan hasil swadaya warga. (KOMPAS/RADITYA HELABUMI )

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandatangani perjanjian kerja sama dengan Jawa Barat dan Banten untuk membangun trash rack atau saringan sampah di sungai serta tempat pembuangan sampah (TPS). “Jadi… sungai-sungai sebelum masuk di Jakarta akan dibuatkan semacam bendungan seperti yang ada di (Pintu Air) Manggarai,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (20/12/2018). Dengan dibangunnya saringan, Anies berharap sampah tak ikut terbawa ke muara-muara sungai di Jakarta. Baca juga: Penampakan Kali Pengairan Kabupaten Bekasi yang Dipenuhi Sampah Untuk TPS, Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan Jawa Barat dan Banten akan mencarikan lahan strategis seperti di pinggir tol. “Supaya pengolahan sampah itu tidak masuk ke jalan kampung-kampung yang ada di luar daerah, jadi langsung keluar tol, langsung masuk ke dalam pengelolaan sampah,” kata Premi Premi menjelaskan dalam kerja sama itu, pemerintah kota dan pemerintah kabupaten menyiapkan lahan dan melakukan perencanaan. Setelah itu, mereka mengajukan perencanaannya ke Pemprov DKI. “Untuk pelaksanaan konstruksinya diupayakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, baik dengan mekanisme APBD ataupun dengan KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) ataupun dengan yang lainnya,” ujar Premi. Pemerintah daerah yang terlibat kerja sama dengan Pemprov DKI yakni Pemprov Banten, Pemprov Jawa Barat, Pemkot Tangerang, Pemkab Tangerang, Pemkot Depok, Pemkot Bogor, Pemkab Bogor, Pemkab Cianjur, Pemkot Bekasi, dan Pemkab Bekasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “DKI Kerja Sama dengan Bodetabekjur Bangun Saringan Sampah”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/20/21513881/dki-kerja-sama-dengan-bodetabekjur-bangun-saringan-sampah.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …