Home / Kliping / Belum Ada Perda, Fasilitas di Pulau Reklamasi Tetap Dibangun
Penampakan Pulau G dari atas udara, Jumat (19/10/2018). Pulau G adalah bagian dari 17 pulau proyek reklamasi yang tadinya sempat akan dibangun di Teluk Jakarta.(Kompas.com/Alsadad Rudi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Ada Perda, Fasilitas di Pulau Reklamasi Tetap Dibangun", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/23/17004211/belum-ada-perda-fasilitas-di-pulau-reklamasi-tetap-dibangun. 
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Egidius Patnistik
Penampakan Pulau G dari atas udara, Jumat (19/10/2018). Pulau G adalah bagian dari 17 pulau proyek reklamasi yang tadinya sempat akan dibangun di Teluk Jakarta.(Kompas.com/Alsadad Rudi) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Ada Perda, Fasilitas di Pulau Reklamasi Tetap Dibangun", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/23/17004211/belum-ada-perda-fasilitas-di-pulau-reklamasi-tetap-dibangun. Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Egidius Patnistik

Belum Ada Perda, Fasilitas di Pulau Reklamasi Tetap Dibangun

Penampakan Pulau G dari atas udara, Jumat (19/10/2018). Pulau G adalah bagian dari 17 pulau proyek reklamasi yang tadinya sempat akan dibangun di Teluk Jakarta.(Kompas.com/Alsadad Rudi) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Ada Perda, Fasilitas di Pulau Reklamasi Tetap Dibangun", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/23/17004211/belum-ada-perda-fasilitas-di-pulau-reklamasi-tetap-dibangun.  Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Egidius Patnistik
Penampakan Pulau G dari atas udara, Jumat (19/10/2018). Pulau G adalah bagian dari 17 pulau proyek reklamasi yang tadinya sempat akan dibangun di Teluk Jakarta.(Kompas.com/Alsadad Rudi)

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, beragam fasilitas sudah direncanakan untuk dibangun di pulau hasil reklamasi yaitu Pulau C dan Pulau D di Jakarta Utara.  Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya jalur jalan sehat dan sepeda santai. Pemprov juga berencana membangun lapangan voli, basket, dan futsal. “Nanti akan dibuatkan lapangan, teman-teman pernah lihat Monas? Samping Monas itu ada lapangan basket, voli, futsal, itu nanti kami ingin siapkan lapangan-lapangan itu di sekitar pesisir pantai juga. Jadi ketika datang ke sini bisa melakukan kegiatan olahraga bermain,” kata Anies di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (23/12/2018). Anies menambahkan, fasilitas-fasilitas tersebut tetap akan dibangun meski belum ada peraturan daerah (perda) tentang zonasi dan tata ruang di pulau reklamasi. “Bisa ini bisa jalan terus,” ucapnya. Baca juga: DKI Bangun Jalasena di Pantai Hasil Reklamasi Ia mengemukakan, hal tersebut tak akan menyalahi aturan. “Tidak menyalahi aturan. Nanti kami akan siapkan aturannya. Jadi ini justru membuat tempat ini bisa diakses siapa saja dan bisa dilihat. Siapa saja bisa dilihat kalau tertutup gimana ? Intinya rakyat bisa pakai. Gitu aja,” kata dia. Rancangan peraturan daerah (raperda) yang mengatur pengembangan dan pengelolaan pulau-pulau reklamasi baru akan dibahas di DPRD DKI Jakarta pada Januari 2019. Saat ini, raperda telah didaftarkan sebagai program legislatif daerah (prolegda) 2019. Anies mengatakan, selama pembangunan fasilitas di pulau tersebut, warga bisa memasuki kawasan itu. “Warga sudah bisa melihat langsung, dahulu tuh kita mendengar kawasan ini tuh seperti kawasan tertutup terisolasi bahkan wartawan mau masuk saja gak bisa dan serba sulit. Sekarang tidak, ini adalah kawasan terbuka kawasan milik kita. Sehingga proses pembangunannya pun nanti seluruh warga bisa menyaksikan dari dekat,” ujar dia. Minggu pagi, Anies meletakan batu pertama pembangunan jalur Jalan Sehat dan Sepeda Santai  (Jalasena) di kawasan itu. Pembangunan jalu jalan sehat selebar 3 meter dan panjang 7,6 kilometer itu dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Belum Ada Perda, Fasilitas di Pulau Reklamasi Tetap Dibangun”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/23/17004211/belum-ada-perda-fasilitas-di-pulau-reklamasi-tetap-dibangun.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …