Home / Kliping / Ada Tong dan Kantong Plastik, Pengunjung CFD Masih Buang Sampah Sembarangan
Pengamatan Kompas.com pada Minggu (30/12/2018), kantong-kantong plastik itu tampak di separator transjakarta dengan jarak masing-masing kantong sekitar dua meter.(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Tong dan Kantong Plastik, Pengunjung CFD Masih Buang Sampah Sembarangan", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/30/12235521/ada-tong-dan-kantong-plastik-pengunjung-cfd-masih-buang-sampah. 
Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Kurnia Sari Aziza
Pengamatan Kompas.com pada Minggu (30/12/2018), kantong-kantong plastik itu tampak di separator transjakarta dengan jarak masing-masing kantong sekitar dua meter.(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Tong dan Kantong Plastik, Pengunjung CFD Masih Buang Sampah Sembarangan", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/30/12235521/ada-tong-dan-kantong-plastik-pengunjung-cfd-masih-buang-sampah. Penulis : Rindi Nuris Velarosdela Editor : Kurnia Sari Aziza

Ada Tong dan Kantong Plastik, Pengunjung CFD Masih Buang Sampah Sembarangan

Pengamatan Kompas.com pada Minggu (30/12/2018), kantong-kantong plastik itu tampak di separator transjakarta dengan jarak masing-masing kantong sekitar dua meter.(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Tong dan Kantong Plastik, Pengunjung CFD Masih Buang Sampah Sembarangan", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/30/12235521/ada-tong-dan-kantong-plastik-pengunjung-cfd-masih-buang-sampah.  Penulis : Rindi Nuris Velarosdela Editor : Kurnia Sari Aziza
Pengamatan Kompas.com pada Minggu (30/12/2018), kantong-kantong plastik itu tampak di separator transjakarta dengan jarak masing-masing kantong sekitar dua meter.(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak sedikit pengunjung yang datang ke car free day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman masih membuang sampah sembarangan. Padahal, pasukan oranye telah menyediakan kantong-kantong plastik hitam di sejumlah sisi jalan untuk memudahkan masyarakat membuat sampah. Pemerintah dengan tegas melarang masyarakat membuang sampah sembarangan. Baca juga: Jelang Batas Akhir Penghapusan Denda, Mobil Samsat Keliling Ditempatkan di CFD Bundaran HI Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, masyarakat yang tertangkap tangan membuang sampah sembarang bisa dikenakan sanksi membayar denda paksa maksimal Rp 500.000. Pengamatan Kompas.com pada Minggu (30/12/2018), kantong-kantong plastik itu tampak diletakkan di separator transjakarta dengan jarak masing-masing kantong sekitar dua meter. Keberadaan kantong plastik itu juga terlihat mencolok. Baca juga: ICW Ajak Pengunjung CFD Cek Rekam Jejak Capres hingga Caleg Sebelum Memilih Tak hanya itu, sejumlah tong sampah juga diletakkan di trotoar. Pasukan oranye juga tampak bersiaga memunguti sampah di jalanan.

Kendati demikian, hal itu tidak membuat kondisi jalanan bersih selama CFD berlangsung. Beberapa pengunjung tidak membuang sampah ke dalam kantong sampah yang telah disediakan. Masih terlihat sampah-sampah makanan berserakan di jalan. Sejumlah pengunjung juga tak segan membuang sampah di jalan, meskipun pasukan oranye sedang membersihkan jalanan. Baca juga: Ada Tukang Service E-KTP di CFD Sudirman-Thamrin Sampah-sampah itu didominasi sampah makanan dan minuman seperti tusuk sate, plastik bungkus makanan, dan sedotan. Salah satu petugas pasukan oranye dari kelurahan Karet Semanggi bernama Syahrullah mengatakan, tak mudah menemukan orang yang membuang sampah sembarangan. Selama pelaksanaan CFD, ia bersama petugas lainnya hanya menjalankan tugas untuk membersihkan sampah. Baca juga: Akomodasi PKL, Dinas Koperasi DKI Usul CFD di Wilayah Tiap Minggu Ia mengaku beberapa kali memperingatkan masyarakat untuk membuang sampah pada tong atau kantong sampah yang telah disediakan. Namun, peringatan tersebut hanya diterapkan oleh sebagian pengunjung. “Sesekali pernah negur kalau buang sampah jangan ke jalan, tetapi ini, kan, yang datang banyak sekali, enggak mungkin saya lihatin satu per satu atau memperingati semuanya. Selebihnya saya menjalankan tugas saya saja biar masyarakat sadar sendiri saja kalau membersihkan sampah sebanyak itu enggak mudah,” kata Syahrullah. Baca juga: Para PKL Berjualan di Badan Jalan Sudirman-Thamrin saat CFD Digelar Ia mengaku bisa membersihkan seluruh sampah di sepanjang Jalan Sudirman hingga pukul 12.00. “Paling lama sampai zuhur harus sudah bersih. Saya, kan, enggak sendiri, hampir sepuluh orang yang membantu bersih-bersih sampah. Kadang juga ada masyarakat yang baik bantuin kami pungut sampah dan dibuang ke tong,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ada Tong dan Kantong Plastik, Pengunjung CFD Masih Buang Sampah Sembarangan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/30/12235521/ada-tong-dan-kantong-plastik-pengunjung-cfd-masih-buang-sampah.
Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Normalisasi Ciliwung, DKI Bebaskan 118 Bidang Tanah Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini mengatakan, pihaknya akan membebaskan …