Home / Kliping / Anies Baswedan Menduga Kali Item Berbusa karena Limbah Detergen dari Rumah Warga Tinggi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Kali Item, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Kali Item, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Anies Baswedan Menduga Kali Item Berbusa karena Limbah Detergen dari Rumah Warga Tinggi

WARTA KOTA, KEMAYORAN — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Kali Item atau Sentiong di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Saat itu, Anies Baswedan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, Kepala Sumber Daya Air Teguh Hendrawan, dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah.

Sehari sebelumnya, Kali Item berbusa. Bahkan, busanya beterbangan hingga ke pemukiman warga sekitar.

Lantas, Anies Baswedan dan jajarannya pun meninjau langsung rumah pompa Danau Sunter,  yang dianggapnya sebagai penyebab munculnya busa di Kali Item.

Anies Baswedan menduga,  busa di Kali Sentiong disebabkan karena limbah ditergen yang dihasilkan dari rumah tangga warga sangat tinggi.

“Sore ini kita mendatangi dua tempat terkait dengan Kali Item, tadi kita lihat bahwa limbah detergen dari berbagai sumber khususnya rumah tangga itu sangat luar biasa tinggi (intesitasnya),” ujar Anies Baswedan di Kali Item, Rabu (2/1/2019).

Dia menjelaskan, lantaran limbah detergen yang sangat tinggi itu, maka saat pompa air difungsikan akan keluar busa seperti di Kali Item, Selasa (1/1/2019).

“Ketika air dari Danau Sunter itu di pompa dan dimasukkan ke Kali Item, maka limbah sisa detergen seperti diaduk dan keluar busa yang amat banyak,” ucap Anies Baswedan.

Anies Baswedan mengatakan, pihaknya akan segera menangani terkait busa yang timbul di Kali Item sampai viral di media sosial.

“Dan itu memang airnya mengandung kadar detergen yang sangat tinggi dan ini yang harus ditangani secara komprehensif,” katanya.

Sementara itu, Isnawa mengatakan bahwa masyarakat Indonesia percaya bahwa pembersih harus mengandung banyak busa.

“Jadi tipikal limbah sisa deterjen di Indonesia itu kebanyakan menggunakan tipe hard detergent, ditambah orang Indonesia percaya detergen itu harus ada busa yang sifatnya keras,” kata Isnawa.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Anies Baswedan Menduga Kali Item Berbusa karena Limbah Detergen dari Rumah Warga Tinggi, http://wartakota.tribunnews.com/2019/01/02/anies-baswedan-menduga-kali-item-berbusa-karena-limbah-detergen-dari-rumah-warga-tinggi.
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Intan Ungaling Dian

Check Also

Kondisi Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).(KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA)

Pro Kontra Masyarakat Terkait PKL yang Masih Menjamur di Atas Trotoar

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta …