Home / Kliping / Danau Sunter Berbusa, Anies Akui Moralitas Masyarakat Ibu Kota Rendah
kondisi kali Item yang sempat berbuih akibat penyedotan air danau sunter ke Kali Item. Selasa (1/1/2019)
kondisi kali Item yang sempat berbuih akibat penyedotan air danau sunter ke Kali Item. Selasa (1/1/2019)

Danau Sunter Berbusa, Anies Akui Moralitas Masyarakat Ibu Kota Rendah

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan kecewa ketika meninjau kondisi aliran Kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Pusat serta ke Danau Sunter, Sunter, Jakarta Utara pada Rabu (2/1/2019) kemarin.

Kekecewaan itu dituliskan secara halus oleh Anies lewat akun Instagramnya @aniesbaswedan; pada Rabu (2/1/2019) malam.

Dalam statusnya, Anies bertanya kepada masyarakat soal limbah rumah tangga yang kini semakin mencemari aliran Kali Sentiong.

“Teman-teman biasanya membuang air bekas cuci ke mana?⁣ Bila membuangnya langsung ke selokan, maka air limbah yg mengandung deterjen itu akan terbawa terus ke sungai hingga berakhir di laut,” tulis Anies. ⁣

“Itulah yang terjadi selama ini di Jakarta, seperti yang terlihat di Kali Sentiong (Kali Item) beberapa hari ini. Limbah deterjen dari berbagai sumber khususnya rumah tangga itu terakumulasi di Danau Sunter, menjadi berbusa ketika dipompa untuk dialirkan ke Kali Sentiong,” tambahnya.

Terkait pencemaran lingkungan tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan membangun pusat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di sejumlah titik permukiman.

Namun ditegaskannya, terciptanya Jakarta yang bersih dan indah bukan semata peran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tetapi justru dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Ini harus ditangani secara komprehensif, dari sisi Pemprov akan siapkan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal) Komunal. Lalu dari sisi masyarakat harus didorong untuk mulai beralih menggunakan soft detergent yang lebih ramah lingkungan,” tutupnya.

View this post on Instagram

Teman-teman biasanya membuang air bekas cuci ke mana?⁣ ⁣ Bila membuangnya langsung ke selokan, maka air limbah yg mengandung deterjen itu akan terbawa terus ke sungai hingga berakhir di laut.⁣ ⁣ Itulah yang terjadi selama ini di Jakarta, seperti yang terlihat di Kali Sentiong (Kali Item) beberapa hari ini. Limbah deterjen dari berbagai sumber khususnya rumah tangga itu terakumulasi di danau Sunter, menjadi berbusa ketika dipompa untuk dialirkan ke Kali Sentiong. ⁣ ⁣ Ini harus ditangani secara komprehensif, dari sisi Pemprov akan siapkan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal) Komunal. Lalu dari sisi masyarakat harus didorong untuk mulai beralih menggunakan soft detergent yang lebih ramah lingkungan.⁣

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Kekecewaan Anies sangat beralasan, sebab dalam sejumlah potret yang turut diunggah, kondisi Kali Sentiong terlihat sangat memprihatinkan.

Terlebih pemandangan di mulut pompa air yang mengalirkan air dari Danau Sunter menuju Kali Sentiong sebelum akhirnya bermuara ke Teluk Jakarta.

Kondisi air terlihat sangat menjijikan. Air terlihat berwarna hitam keruh, sementara gelembung busa memenuhi hampir seluruh permukaan badan Kali Sentiong.

Busa yang diperkirakan Anies berasal dari limbah rumah tangga yang sengaja dibuang ke dalam Danau Sunter. (dwi)
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Danau Sunter Berbusa, Anies Akui Moralitas Masyarakat Ibu Kota Rendah, http://wartakota.tribunnews.com/2019/01/03/danau-sunter-berbusa-anies-akui-moralitas-masyarakat-ibu-kota-rendah.
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …