Home / Kliping / Kelurahan Pulo Angkut Tumpukan Sampah di Eks Pasar Blok A
Kelurahan Pulo melakukan kegiatan bernama Grebek Sampah di area eks Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Kelurahan Pulo melakukan kegiatan bernama Grebek Sampah di area eks Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kelurahan Pulo Angkut Tumpukan Sampah di Eks Pasar Blok A

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU— Kelurahan Pulo melakukan kegiatan bernama Grebek Sampah di area eks Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lurah Pulo, Gita Puspita, mengatakan, lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah tersebut merupakan milik Perumda Pasar Jaya, dan berdekatan dengan Stasiun MRT Blok A. Sehingga saat dilihat dari atas stasiun terlihat tumpukan sampah yang merusak estetika.

“Jadi kami lakukan grebek sampah disini. Lokasi tempat pembuangan sampah tersebut menyatu dengan pasar sehingga kebanyakan pedagang membuang sampah di sana. Dominasi sampah plastik dan kayu,” kata Gita, Kamis (3/1/2019).

Gita mengatakan, Grebek Sampah tersebut sudah berjalan sejak Rabu (2/1/2019).

Pada hari pertama dilakukan oleh Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Kebayoran Baru dengan satu unit soffel. Namun kurang efektif karena akses yang tidak memadai.

“Hasilnya hari pertama dua truk dengan volume sampah kurang lebih mencapai 20 meter kubik, dan hari ini menggunakan tenaga manusia. Kami kerahkan 15 PPSU,” kata Gita.

Lokasi yang rencananya akan dibangun Pasar Blok A itu menjadi lahan kosong usai bangunan pasar lama dibongkar.

Meskipun sudah dikelilingi pagar, para pedagang dan masyarakat setempat memanfaatkan lahan itu sebagai lokasi membuang sampah.

Gita menjelaskan, luas total lahan baik yang ditempati pedagang dan yang dijadikan lokasi pembuangan sampah tersebut kurang lebih 4.000 meter.

“Perumda Pasar Jaya sudah menyetujui karena sebelumnya kami sudah bersurat ke Perumda Pasar Jaya dan ke kecamatan. Target kami sesegera mungkin, sebelum MRT beroperasi Maret mendatang,” tutupnya.

Gita mengatakan, untuk pengawasan lokasi, pihaknya akan melibatkan RT/RW dan warga setempat.

“Saat sampah sudah terangkut semua, selanjutnya kami jadwalkan pembersihan lokasi ini di dalam kegiatan Bersih-Bersih Jakarta Selatan (BBJS),” katanya.

Perumda Pasar Jaya selaku pemilik lahan dianggap cuek terkait permasalahan pembuangan sampah di lokasi itu.

Sejauh ini hampir tidak ada upaya untuk melakukan pencegahan, padahal adanya sampah di lahan itu menimbulkan bau tak sedap serta pemandangan kurang enak jika dilihat dari atas stasiun MRT.

Hamidah, Kepala Seksi Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kelurahan Pulo, mengatakan, sebagai lahan tertutup, harusnya Perumda Pasar Jaya melakukan upaya pencegahan atas lahan itu dari aktivitas pembuangan sampah secara liar.

“Itu kan lahan private tapi tidak ada penjagaan. Kami dari kelurahan yang membantu mengangkuti sampah di sana,” kata dia.

Berawal dari beberapa orang, kini petugas pengambil sampah di kawasan permukinan pun kata Hamidah ikut-ikutan membuang sampah di sana.

“Memang sudah dipagari, tapi ada satu pintu yang terbuka. Harusnya dari Pasar Jaya menutup pintu itu agar orang tak bisa masuk,” ungkapnya.

Hamidah menambahkan, pihaknya sebelumnya sudah berkirim surat ke Perumda Pasar Jaya untuk menginformasikan adanya pembuangan sampah secara liar di lokasi itu.

“Mereka hanya bilang, lahan itu sudah dipegang pihak ketiga,” kata Hamidah.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Kelurahan Pulo Angkut Tumpukan Sampah di Eks Pasar Blok A, http://wartakota.tribunnews.com/2019/01/03/kelurahan-pulo-angkut-tumpukan-sampah-di-eks-pasar-blok-a?page=2.
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D

 

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …