Home / Kliping / Dibanding Bekasi dan Bogor, DKI Jakarta Terlambat Mengatasi Sampah Plastik
Kantong plastik
Kantong plastik

Dibanding Bekasi dan Bogor, DKI Jakarta Terlambat Mengatasi Sampah Plastik

Palmerah, Warta Kota — Usulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan untuk mengurangi konsumsi kantong plastik kalah didukung semua pihak.

Namun, kebijakan tersebut rupanya terlambat jika dibandingkan dengan dua daerah penyangga Ibu Kota, yakni Bekasi dan Bogor.

Kenyataan itu disampaikan Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyebut kebijakan Anies kalah cepat dibandingkan Pemerintah Kotamadya (Pemkot) Bekasi dan Pemkot Bogor.

Hal tersebut merujuk pada terbitnya Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik yang diresmikan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada 1 Desember 2018.

Sedangkan kebijakan larangan penggunaan kantong plastik bagi ritel modern dan pusat perbelanjaan di Kota Bekasi, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menerbitkan Peraturan Wali Kota Nomor 61 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

“Mereka sudah jalan, kita (DKI Jakarta) peraturan belum ada,” ungkapnya dihubungi pada Selasa (8/1/2019).

Terkait hal tersebut, dirinya pun mendesak agar Anies Baswedan dapat segera menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta tentang penggunaan kantong plastik.

Pasalnya, jumlah sampah plastik yang diproduksi Ibu Kota dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

“Eksekutif bisa berkonsultasi dengan legislatif agar bisa mempercepat, dua daerah penyangga sudah (miliki peraturan). Kalau sulit bisa ajukan kepada kami (DPRD DKI Jakarta), lagipula, Perda (Peraturan Daerah) lebih kuat dibandingkan Pergub,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Dibanding Bekasi dan Bogor, DKI Jakarta Terlambat Mengatasi Sampah Plastik, http://wartakota.tribunnews.com/2019/01/08/dibanding-bekasi-dan-bogor-dki-jakarta-terlambat-mengatasi-sampah-plastik.
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi

Check Also

Kondisi Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).(KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA)

Pro Kontra Masyarakat Terkait PKL yang Masih Menjamur di Atas Trotoar

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta …