Home / Kliping / Tanggul Jatipadang Jebol, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta : Belum Dibangun Permanen
Tanggul karung jebol di RW 006 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/2019), membuat rumah warga terendam banjir dan lumpur.
Tanggul karung jebol di RW 006 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/2019), membuat rumah warga terendam banjir dan lumpur.

Tanggul Jatipadang Jebol, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta : Belum Dibangun Permanen

TANGGUL Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dilaporkan jebol pada Minggu (13/1/2019), meresahkan ratusan warga.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Teguh Hendrawan menyebut, tanggul jebol bukan merupakan milik pemerintah.

Tanggul yang membatasi Kali Ciliwung dengan permukiman warga RW 06 Jatipadang itu, kata Teguh Hendrawan dibangun oleh warga secara swadaya.

Tanggul yang terdiri dari tumpukan karung berisi pasir itu pun tidak dapat menahan derasnya aliran Kali Ciliwung yang kian meninggi.

“Tanggul itu yang buat warga mandiri, belum dibangun permanen. Sekarang sudah mendapatkan penanganan dari Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan,” kata Teguh Hendrawan dihubungi pada Senin (14/1/2019).

Lebih lanjut Teguh Hendrawan ungkapkan, kondisi tanggul di seluruh wilayah DKI Jakarta dalam kondisi yang baik, terkecuali tanggul jebol di Jatipadang.

Terkait penanganan perbaikan dan pembangunan tanggul sepanjang tahun 2019, pihaknya telah menetapkan anggaran sebesar Rp 285 miliar.

“Kondisi tanggul permanen masih dalam keadaan bagus, kalau ada perbaikan sudah dibanggakan tahun ini Rp 285 miliar,” kata Teguh Hendrawan.

Tanggul Jebol

Dikutip dari Tribunnews.com, luapan air Kali Ciliwung berimbas pada jebolnya tanggul yang berada di permukiman RT 04 RW 06, Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Air yang meluap kemudian menerjang puluhan rumah dari 3 RT yang ditempati sekira 240 orang.

Jebolnya tanggul disebabkan lantaran tinggi tanggul rendah dan tak kuat menahan derasnya aliran kali.

Menurut warga terdampak banjir, Sarbini, sebenarnya warga telah mengajukan perbaikan terhadap tanggul itu sejak beberapa bulan silam.

Namun, pengerjaan dari tanggul itu belum terealisasi hingga tanggul jebol.

“Sudah diajukan ke RT sejak lama, katanya ia sudah ajukan ke Kelurahan. Tapi belum ada tanggapan. Sementara di RT lain telah dilakukan penurapan, di sini malah belum,” ujarnya kepada TribunJakarta.com pada Senin (14/1/2019) di lokasi.

Saat tanggul jebol, Lurah Jati Padang, Noviant Wijanarko bersama dengan Suku Dinas Sumber Daya Air berkoordinasi membuat tanggul sementara sepanjang 5 meter.

“Kami telah membuat cecuruk dolken beserta karung karung pasir untuk mengatasi tanggul sementara waktu. Harapan kami bisa segera membangun tanggul permanen,” bebernya.

Namun, Noviant Wijanarko belum bisa memastikan kapan akan dibuatnya tanggul secara permanen.

“Dari SDA mungkin yang akan merencanakan. Tidak terlalu lama lah bisa dilakukan penurapan. Peninggian turap akan dibangun 1 meter sisi kiri dan kanan,” tuturnya.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali sempat meninjau lokasi terjadinya tanggul yang jebol.

Marullah Matali mengakui bahwa aliran kali Pulo kian mengalami penyempitan sehingga limpasan air menerjang permukiman warga Jati Padang.

Selain itu, Marullah Matali mengatakan, permasalahan jebolnya tanggul terbilang kompleks lantaran sisi kiri maupun kanan tanggul tak sama.

“Sebab di sebelah kanan tanggul tinggi di sebelah kirinya rendah ini permasalahan yang kompleks tidak hanya tanggulnya saja. Di hilir juga luasan kali penghubung ini sudah semakin menyempit,” ujar Marullah Matali. (dwi)
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Tanggul Jatipadang Jebol, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta : Belum Dibangun Permanen, http://wartakota.tribunnews.com/2019/01/14/tanggul-jatipadang-jebol-dinas-sumber-daya-air-dki-jakarta-belum-dibangun-permanen.
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …