Home / Kegiatan / Lokakarya Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat
11944

Lokakarya Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat

Jakarta, 16 Januari 2019. Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menyenggalarakan Lokakarya Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat. Acara ini dilakukan untuk melakukan peluncuran SIMASKOTA.

Acara dibuka oleh Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan menjelaskan permasalahan sanitasi yang terjadi di Jakarta yang melatarbelakangi adanya program ini. Permasalahan sanitasi diyakini memberikan pengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Beliau menegaskan bahwa permasalahan sanitasi merupakan masalah bersama yang harus diselesaikan dengan berkolaborasi.

Deputi Gubernur Membuka Acara Lokakarya
Deputi Gubernur Membuka Acara Lokakarya

Acara selanjutnya talkshow yang dipimpin oleh Sdri. Wiwit Mandali dari APP Sinarmas dengan mengundang pembicara untuk mendampingi yaitu Bapak Yuli Hartono (Asisten Deputi Gubernur bidang Lingkungan Hidup), Bapak Dicky Alsadik dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ibu Dini Wardiani dari HAKLI, dan Sdri. Sela Noviany dari APP Sinarmas. Program yang dibahas mengarusutamakan konsep Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat (STBM). STBM memiliki 5 pilar yaitu:

  1. StopBuang Air Besar Sembarangan (STOP BABS)
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS)
  3. Pangan Aman Sehat Rumah Tangga (PAS-RT)
  4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT)
  5. Pengaman Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT)
Acara Talkshow mengenai Program Simaskota
Acara Talkshow mengenai Program Simaskota

Program SIMASKOTA dengan konsep STBM telah dilakukan di dua lokasi yakni Pademangan Barat dan Tebet Timur. Hasil survei yang dilakukan pada kedua lokasi tersebut menjadi topik yang dibahas pada lokakarya ini. Pilar yang diangkat menjadi masalah yang kerap dibahas pada acara lokakarya adalah Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Jumlah penduduk yang masih melakukan BABS sekitar 115.395 KK atau 475 ribu jiwa (95,09%). Provinsi DKI Jakarta yang merupakan Ibukota Indonesia diharapkan bebas dari masalah BABS.

Acara ditutup dengan penandatangan komitmen untuk tetap meningkatkan dan menjaga program SIMASKOTA agar mencapai peningkatan sanitasi yang maksimal bagi masyarakat DKI Jakarta.

Check Also

WhatsApp Image 2019-08-15 at 11.01.04 (2)

Acara Peresmian Pembukaan Konvensi dan Pameran Internasional ke 7 Panas Bumi Indonesia 2019

Jakarta, 13 Agustus 2019. Menindaklanjuti disposisi Gubernur DKI Jakarta Nomor U3278.080819 perihal menghadiri acara peresmian …