Home / Kliping / PT Transjakarta Targetkan Operasional 63 Rute Jak Lingko pada 2019
Logo baru Jak Lingko hasil sayembara ditampilkan di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (10/11/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)
Logo baru Jak Lingko hasil sayembara ditampilkan di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (10/11/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

PT Transjakarta Targetkan Operasional 63 Rute Jak Lingko pada 2019

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transjakarta menargetkan dapat mengoperasikan 63 rute atau trayek angkutan umum Jak Lingko pada 2019. “Total rute yang akan dilayani sampai akhir 2019, 63 rute,” kata Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (15/1/2019).

Daud menuturkan, rute-rute yang diluncurkan nantinya tidak melulu mengikuti rute angkutan umum yang sudah ada sebelumnya. Ia menyebut, rute-rute itu bisa bersifat modifikasi, mengingat perubahan kondisi jalan dan permukiman. “Contohnya rute Tebet-Karet itu dulu M44. Jaman dulu karena jalanan Casablanca itu jalan baru makanya diisi oleh angkutan umum bus kecil, tetapi sekarang sudah menjadi jalanan besar maka bisa jadi rute bus kecil ini dimodifikasi ke jalanan yang lebih kecil-kecil,” ujarnya. 

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi lebih dahulu dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebelum meluncurkan rute-rute tersebut.

Adapun, saat ini terdapat 33 rute Jak Lingko yang sudah beroperasi. Saat ini, Jak Lingko sudah mencakup 67 persen populasi DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, melalui Jak Lingko, bus kecil, medium, dan besar berjejaring akan terintegrasi transportasi massal, seperti LRT, MRT, dan commuter line serta transjakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PT Transjakarta Targetkan Operasional 63 Rute Jak Lingko pada 2019”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/15/13545221/pt-transjakarta-targetkan-operasional-63-rute-jak-lingko-pada-2019Penulis : Ardito Ramadhan. Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …