Home / Kliping / Seluruh Kolong Jalan Layang di Jakarta Akan Ditata Jadi Ruang Publik
Taman skatepark, Slipi Petamburan, Jakarta Pusat. Foto diambil Senin (17/12/2018).(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA) 
Taman skatepark, Slipi Petamburan, Jakarta Pusat. Foto diambil Senin (17/12/2018).(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA) 

Seluruh Kolong Jalan Layang di Jakarta Akan Ditata Jadi Ruang Publik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menata semua kolong jalan layang di Ibu Kota menjadi ruang publik. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kolong-kolong flyover atau jalan layang itu akan ditata secara bertahap. “Kami (tata) bertahap, satu-satu,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (15/1/2019).

Pemprov DKI Jakarta, kata dia, akan belajar dari pengalaman membangun taman skateboard di kolong Flyover Slipi Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang rusak sebelum diresmikan. “Kami belajar apa yang kurang sehingga nanti ketika kami membuat lagi di tempat lain, tidak mengulangi bila muncul kekurangan di tempat itu,” kata Anies.

Salah satu yang akan ditata pada 2019 yakni kolong jalan layang non-tol (JLNT) koridor 13 transjakarta rute Kapten Tendean-Ciledug. Suku Dinas Kehutanan Jakarta Selatan baru saja menata sebagian kolong JLNT itu. Sudin Kehutanan nanti akan merapikan seluruh area kolong JLNT koridor 13. “Ada yang kami tanami pohon, ada yang kami kasih conblock,” kata Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Selatan M Yuswardi, Kamis lalu.

Sementara yang sudah ditata yakni kolong Flyover Slipi Petamburan. Pemerintah Kota Jakarta Pusat membangun taman skateboard di sana sejak Oktober 2018. Pemkot Jakarta Pusat menyulap taman yang kotor dan kumuh tersebut menjadi tempat berkumpul yang menarik bagi warga Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Seluruh Kolong Jalan Layang di Jakarta Akan Ditata Jadi Ruang Publik”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/15/15144841/seluruh-kolong-jalan-layang-di-jakarta-akan-ditata-jadi-ruang-publik.  Penulis : Nursita Sari. Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …