Home / Kliping / Anies: Tanggul Pantai di Muara Baru Dibangun Tanpa Bicara dengan Warga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (9/1/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (9/1/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Anies: Tanggul Pantai di Muara Baru Dibangun Tanpa Bicara dengan Warga

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkritik pembangunan tanggul pantai di Muara Baru, Jakarta Utara. Tanggul itu beberapa kali bocor, terakhir pada Desember 2018. “Saya lihat di lapangan, salah satu masalahnya tidak berbicara dengan warga. Main patok saja pasang di situ,” kata Anies di Balai Kota, Rabu (16/1/2019).

Anies mengatakan, sebelum didirikan tanggul, lokasi itu dijadikan tempat parkir kapal dan pembuangan air warga. Ia menyayangkan tanggul yang dibangun tinggi melebihi ketinggian kampung nelayan di situ. “Terus ada hujan di situ. Mau dialirkan ke mana air hujannya itu kalau pemerintah tidak dari awal menyiapkan pompa dengan baik?” ujar Anies. Adapun ketinggian muka tanah yang berbeda di kampung itu, kata Anies, merupakan tanda penurunan muka air tanah. “Sampai tanggulnya kelihatan, pernah sampai kelihatan dua meter. Jadi itu menggambarkan tanah yang turun, tapi tanggulnya sendiri sama,” kata dia.

Tanggul pantai di utara Jakarta untuk mengantisipasi banjir rob dibangun oleh beberapa pihak, yakni Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta perusahaan swasta yang beraktivitas di kawasan pesisir Jakarta.

Warga Muara Baru sempat khawatir tanggul yang rembes itu bakal jebol. Kementerian PUPR mengatakan kebocoran tak bisa ditambal dan hanya bisa ditangani dengan membuat tanggul baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Anies: Tanggul Pantai di Muara Baru Dibangun Tanpa Bicara dengan Warga”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/16/18175151/anies-tanggul-pantai-di-muara-baru-dibangun-tanpa-bicara-dengan-wargaPenulis : Nibras Nada Nailufar. Editor : Andri Donnal Putera

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …