Home / Kliping / Pengalaman Mencoba Akses WiFi Gratis di Stasiun Jabodetabek…
FreeWifi:LINIPOIN yang dapat diakses di seluruh stasiun KRL Jabodetabek.(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)
FreeWifi:LINIPOIN yang dapat diakses di seluruh stasiun KRL Jabodetabek.(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

Pengalaman Mencoba Akses WiFi Gratis di Stasiun Jabodetabek…

JAKARTA, KOMPAS.com — Para penumpang kereta rel listrik (KRL) dapat menikmati akses WiFi gratis di seluruh stasiun KRL Jabodetabek mulai Selasa (15/1/2019). Akses WiFi ini disediakan PT Kreasi Pulau Media. Nama WiFi yang disediakan adalah FreeWi-Fi:LINIPOIN. Melalui akun Twitter resmi PT Kreasi Pulau Media, @LINIKINI_ID, diunggah sebuah video yang menjelaskan tentang cara mengakses WiFi di setiap stasiun KRL.

“Commuters bisa pakai free WI-FI di semua stasiun Jabodetabek. Semua stasiun? IYA! SEMUA,” kicau akun @LINIKINI_ID, Selasa.

“Kalau lagi nunggu atau turun kereta di peron, bisa pakai free WI-FI LINIPOIN nih. Tonton video ini sampai habis untuk tau caranya. Pakai Free WI-FI LINIPOIN, koneksi gratis seumur hidup,” lanjut kicauannya.  

Kompas.com berkesempatan mengakses WiFi itu di Stasiun Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Langkah pertama dengan mengunduh aplikasi Linipoin di Google Play Store atau App Store untuk mendaftarkan nomor telepon yang akan digunakan untuk mengakses WiFi.  Setelah aplikasi terunduh, Kompas.com harus membuat akun pribadi menggunakan alamat e-mail. Selanjutnya, mengisi data identitas diri seperti nama, tanggal lahir, pekerjaan, alamat e-mail, dan password atau kata kunci. 

Foto proses pengisian data diri untuk mengakes wifi Linipoin gratis. (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)
Foto proses pengisian data diri untuk mengakes wifi Linipoin gratis. (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

Lalu, Kompas.com harus mendaftarkan nomor telepon yang akan dipakai untuk mengakses WiFi. Nantinya, kode verifikasi akan dikirim melalui pesan singkat untuk mendapatkan tautan verifikasi pada e-mail. Kode verifikasi beberapa kali tidak terkirim, sehingga Kompas.com harus beberapa kali meminta kode verifikasi untuk dikirim ulang.

Langkah terakhir adalah verifikasi akun dan nomor telepon dengan cara mengklik tautan yang dikirimkan melalui alamat e-mail. Setelah melalui langkah pendaftaran nomor telepon itu, Kompas.com bisa langsung mengakses WiFi Linipoin. Untuk mengaksesnya, Kompas.com harus masuk menggunakan nomor telepon yang terdaftar. Selanjutnya, kode unik yang terdiri dari empat angka akan masuk melalui aplikasi.

Selamat, WiFi Linipoin berhasil digunakan. Berdasarkan pengalaman Kompas.com, kecepatan WiFi tersebut dalah 72 mdps. Kompas.com dapat menonton video Youtube tanpa terkendala gangguan apa pun.

Foto proses pengisian verifikasi nomor telepon untuk mengakes wifi Linipoin gratis. (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)
Foto proses pengisian verifikasi nomor telepon untuk mengakes wifi Linipoin gratis. (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

Selain itu, Kompas.com juga hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk mengunduh satu episode serial Netflix berdurasi 43 menit. Kendati demikian, koneksi WiFi tidak selalu lancar. Kompas.com mengalami gangguan di sela-sela aktivitas menonton video serial Netflix. Gangguan konektivitas menyebabkan internet tidak dapat diakses selama 5 menit. Kompas.com pun memutuskan untuk mencoba akses WiFi di stasiun lainnya, Stasiun Kemayoran, Jakarta Pusat.

WiFi Linipoin juga dapat diakses di Stasiun Kemayoran. Kompas.com hanya perlu masuk kembali menggunakan nomor telepon yang telah terdaftar. Namun, kondisi yang sama juga terjadi di Stasiun Kemayoran. Konektivitas WiFi terpantau lancar selama 10 menit pertama. Selanjutnya, konektivitas sempat terganggu beberapa menit hingga akhirnya lancar kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengalaman Mencoba Akses WiFi Gratis di Stasiun Jabodetabek…”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/16/09504501/pengalaman-mencoba-akses-wifi-gratis-di-stasiun-jabodetabekPenulis : Rindi Nuris Velarosdela. Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …