Home / Kliping / PKL dan Satpol PP Bentrok, Anies Pastikan Penertiban di Tanah Abang Jalan Terus
Sehari pasca bentrokan di kawasan Tanah Abang, petugas Satpol PP berkeliling menggunakan mobil atau jalan kaki untuk menyisir kawasan Tanah Abang sekaligus menertibkan para PKL yang masih bandel. (KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA)
Sehari pasca bentrokan di kawasan Tanah Abang, petugas Satpol PP berkeliling menggunakan mobil atau jalan kaki untuk menyisir kawasan Tanah Abang sekaligus menertibkan para PKL yang masih bandel. (KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

PKL dan Satpol PP Bentrok, Anies Pastikan Penertiban di Tanah Abang Jalan Terus

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, pedagang kaki lima ( PKL) yang menyalahi aturan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, akan terus ditertibkan. Penertiban tak akan dihentikan meskipun sempat ada bentrokan yang terjadi antara satpol PP dan PKL di sana pada Kamis pekan lalu. “Penertiban tentu akan jalan terus dan kita akan lakukan dengan profesional,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (21/1/2019).

Anies menyampaikan, penertiban harus terus dijalankan mengingat masih banyak pihak yang melanggar aturan. Pelanggaran sekecil apa pun, kata Anies, bakal ditindak. “Kalau melanggar, akan ditindak, baik besar maupun kecil. Kalau pelanggarannya perda, pergub, maka petugas Satpol PP kita yang akan menindak. Kalau pelanggarannya menyangkut hukum pidana, maka kepolisian akan turun tangan,” kata dia. Anies mencontohkan, kericuhan di Tanah Abang pada Kamis pekan lalu merupakan bagian dari pelanggaran hukum pidana. Kasusnya saat ini ditangani Polsek Tanah Abang. Anies berharap kejadian itu tidak terulang lagi di kemudian hari. “Sekarang sudah terjadi, jadi jangan diulang,” ucapnya.

Bentrokan antara PKL dan petugas satpol PP terjadi di kawasan Tanah Abang pada Kamis (17/1/2019). Bentrokan bermula ketika PKL yang biasa berjualan di bawah jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang menolak untuk ditertibkan. Mereka melempari petugas satpol PP dengan batu dan gagang besi saat hendak ditertibkan. “Mereka sudah dendam kepada petugas sehingga mereka melakukan penyerangan. Saat itu, kami tidak melakukan perlawanan, kami berusaha meredam,” ujar Kasatpol PP Kecamatan Tanah Abang Aries Cahyadi. Kendati demikian, pedagang tetap menyerang petugas. Bentrokan berlangsung sekitar 30 menit. Kaca spion salah satu mobil petugas satpol PP rusak dalam peristiwa itu. Bentrokan dapat diredam setelah satpol PP melakukan koordinasi dengan jajaran Polsek Tanah Abang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PKL dan Satpol PP Bentrok, Anies Pastikan Penertiban di Tanah Abang Jalan Terus “, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/21/13582771/pkl-dan-satpol-pp-bentrok-anies-pastikan-penertiban-di-tanah-abang-jalanPenulis : Nursita Sari. Editor : Dian Maharani

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …