Home / Kliping / Jakarta Akan Perbanyak dan Perlebar Trotoar 
Petugas Satpel Bina Marga Kebayoran Lama memperbaiki trotoar di Jalan Iskandar Muda, Jakarta Selatan yang sebelumnya rusak(Dok. Satpel Bina Marga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan)
Petugas Satpel Bina Marga Kebayoran Lama memperbaiki trotoar di Jalan Iskandar Muda, Jakarta Selatan yang sebelumnya rusak(Dok. Satpel Bina Marga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan)

Jakarta Akan Perbanyak dan Perlebar Trotoar 

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan memperbanyak trotoar di Jakarta. Dia menyampaikan itu saat ditanya soal hari pejalan kaki nasional yang jatuh pada Selasa (22/1/2019) ini. “Bagi kami di Jakarta, gerakan membangun trotoar yang lebih banyak, kami akan teruskan,” kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Anies menyampaikan, trotoar yang lebar di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan jalan-jalan protokol lainnya akan menjadi contoh pembangunan trotoar di Jakarta. Harapannya, warga akan lebih banyak berjalan kaki. “Mari kita lebih banyak menggunakan kaki untuk bertransportasi karena kita tahu sesungguhnya alat transportasi yang dimiliki oleh hampir setiap kita adalah kaki,” kata Anies.

Berdasarkan data di situs apbd.jakarta.go.id, Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp 473,7 miliar dalam APBD 2019 untuk membangun trotoar dan kelengkapan jalan. Dana itu tersebar dalam pos anggaran Dinas Bina Marga DKI Jakarta dan Suku Dinas Bina Marga di lima wilayah kota. Dalam pos anggaran Dinas Bina Marga DKI, anggaran pembangunan trotoar dan bangunan pelengkap jalan di wilayah Jakarta Pusat Rp 75 miliar, Jakarta Selatan Rp 100 miliar, Jakarta Utara Rp 35 miliar, Jakarta Barat Rp 25 miliar, dan Jakarta Timur Rp 25 miliar. Sementara anggaran pembangunan trotoar dan bangunan pelengkap jalan di masing-masing suku dinas yakni:

– Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat: Rp 61,7 miliar

– Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara: Rp 30 miliar

– Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat: Rp 32 miliar

– Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan: Rp 50 miliar

– Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur: Rp 40 miliar

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jakarta Akan Perbanyak dan Perlebar Trotoar”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/22/14470311/jakarta-akan-perbanyak-dan-perlebar-trotoarPenulis : Nursita Sari. Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …