Home / Kliping / 13.000 Titik di DKI yang Tak Sesuai Zonasi Akan Direvisi Tahun Ini
Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) Benny Agus Chandra di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/1/2019).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)
Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) Benny Agus Chandra di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/1/2019).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

13.000 Titik di DKI yang Tak Sesuai Zonasi Akan Direvisi Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) Benny Agus Chandra mengatakan, sekitar 13.000 lokasi di DKI Jakarta, baik lahan maupun bangunan, berdiri tak sesuai dengan zonasi. Tahun ini, zonasi itu akan direvisi dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. “Kalau data yang ada di kami sudah 3.000 ya, dari PTSP sekitar 13.000 tapi sebagian sudah diselesaikan. Tinggal 3.000 lagi ya nanti kami selesaikan,” kata Benny di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Benny menjelaskan, banyak warga yang mengeluhkan ketidaksesuaian zonasi dan itu menghambat usaha mereka. Zonasi yang tak sesuai itu membuat izin usaha tak bisa keluar. “Karena dia warga, nggak punya sertifikat, belum ada sertifikatnya. Yang kedua kena rencana jalan, yang nggak tahu kapan jalannya akan dibangun. Sehingga izinnya enggak keluar-keluar, itu kami perbaiki,” ujar Benny.

Benny mengatakan masyarakat yang ingin mengeluhkan zonasi bisa mengisi formulir online di https://jakartasatu.jakarta.go.id/pkrdtr/. “Mudah-mudahan bisa dilakukan dengan lebih cepat, Maret atau April,” kata Benny. Peninjauan kembali Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap lima tahun sekali (berdasarkan Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang). Kegiatan Peninjauan Kembali dilakukan untuk melihat kinerja rencana tata ruang di Provinsi DKI Jakarta yang terdapat dalam Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “13.000 Titik di DKI yang Tak Sesuai Zonasi Akan Direvisi Tahun Ini”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/24/16332721/13000-titik-di-dki-yang-tak-sesuai-zonasi-akan-direvisi-tahun-iniPenulis : Nibras Nada Nailufar. Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …