Home / Kliping / “Jakarta Saat Ini Masih Terkendali dan Aman dari Banjir”
Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan di kantornya, Kamis (3/3/2016).(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan di kantornya, Kamis (3/3/2016).(Kompas.com/Alsadad Rudi)

“Jakarta Saat Ini Masih Terkendali dan Aman dari Banjir”

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, situasi Jakarta saat ini masih aman dan terkendali dari ancaman banjir. Jakarta diketahui sering diguyur hujan deras akhir-akhir ini. “Jakarta untuk saat sekarang masih kita kategorikan terkendali dan aman,” ujar Teguh saat dihubungi, Jumat (25/1/2019). Teguh menyampaikan, Jakarta masih aman dari ancaman banjir karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melanjutkan program penanggulangan banjir, baik program jangka pendek, menengah, maupun panjang. “Pengurasan, pengurukan, pembangunan infrastruktur, turap batu kali yang memang rawan longsor, semua sudah kita kerjakan dan terus berlanjut,” kata dia.

Selain program-program tersebut, Dinas SDA juga selalu menyiagakan pompa stasioner dan pompa mobile untuk menyedot genangan yang berpotensi terjadi saat hujan deras. Satuan tugas (satgas) Dinas SDA yang disebut pasukan biru juga selalu siap siaga saat hujan turun. “Yang jelas, Jakarta pastinya setiap tahun jauh lebih baik penanganan banjirnya,” ucap Teguh. Meskipun masih aman dari ancaman banjir, Teguh tidak memungkiri adanya genangan di sejumlah titik saat hujan deras mengguyur Jakarta.

Dia menuturkan, hujan deras pada Jumat pagi ini menyebabkan genangan di 19 titik di lima wilayah kota. Namun, dia memastikan genangan itu surut dalam waktu satu jam. Teguh juga menyebut masih ada sejumlah wilayah di Jakarta yang rawan banjir dan genangan, yakni di wilayah yang belum rampung normalisasi sungai dan wilayah sekitar proyek pembangunan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “”Jakarta Saat Ini Masih Terkendali dan Aman dari Banjir””, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/25/15154311/jakarta-saat-ini-masih-terkendali-dan-aman-dari-banjirPenulis : Nursita Sari. Editor : Dian Maharani

Check Also

Jalur sepeda di sepanjang jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019)(KOMPAS.COM/WALDA MARISON)

Sanksi bagi Penyerobot Jalur Sepeda Diterapkan Mulai Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Penindakan terhadap kendaraan bermotor yang masuk ke jalur sepeda akan diterapkan mulai …