Home / Kliping / Serobot Zona Pemakaman, Belasan Rumah di Jaksel Dibongkar Satpol PP
Satpol PP menertibkan 15 bangunan setengah jadi yang berada di zona peruntukan pemakaman di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Senin (28/1/2019)(Dok. Satpol PP Jakarta Selatan)
Satpol PP menertibkan 15 bangunan setengah jadi yang berada di zona peruntukan pemakaman di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Senin (28/1/2019)(Dok. Satpol PP Jakarta Selatan)

Serobot Zona Pemakaman, Belasan Rumah di Jaksel Dibongkar Satpol PP

JAKARTA, KOMPAS.com – Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) Jakarta Selatan merobohkan puluhan bangunan setengah jadi yang berada di Jalan Manggis Dalam I, RT 001 RW 001, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Senin (28/1/2019). Bangunan yang rencananya difungsikan sebagai kontrakan tersebut ditertibkan karena berada di zona pemakaman. “Penertiban ini karena bangunan tidak memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan), terus juga zonasinya berada di zonasi pemakaman bukan perumahan,” kata Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan, Senin (28/1/2019).

Ujang menjelaskan, total ada 15 bangunan yang dirobohkan oleh petugas Satpol PP. Menurut Ujang, penertiban itu berawal dari pihaknya yang mendapat laporan dari Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata) Jakarta Selatan pada Desember 2018 lalu. “Terus kami tinjau, kami ingatkan jangan dilanjutkan lagi (pembangunan). Ya sampai saat ini hampir sebulanan kami tunggu perkembangannya masih melanjutkan (pembangunan) lagi,” jelasnya. Saat memberi peringatan, Ujang sudah menyarankan kepada pemilik tanah untuk mengurus pengalihan fungsi lahan atau menjual tanah tersebut ke Dinas Kehutanan. Namun, pemilik lahan hanya mengabaikan saran tersebut dan tetap melanjutkan pembangunan hingga akhirnya dibongkar Satpol PP. Adapun penertiban sudah berlangsung dari Senin pagi dan sudah hampir selesai pada siang ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Serobot Zona Pemakaman, Belasan Rumah di Jaksel Dibongkar Satpol PP”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/28/14574451/serobot-zona-pemakaman-belasan-rumah-di-jaksel-dibongkar-satpol-ppPenulis : Jimmy Ramadhan Azhari. Editor : Andri Donnal Putera

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …