Home / Kliping / Dishub DKI Ingatkan Batas Akhir Peremajaan Bus Sedang pada Tahun Ini
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

Dishub DKI Ingatkan Batas Akhir Peremajaan Bus Sedang pada Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun 2019 menjadi batas akhir operator bus sedang meremajakan angkutannya di DKI Jakarta. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan pihaknya tak lagi memperpanjang Kartu Pengawasan (KP) untuk bus sedang.

“Kartu Pengawasan, salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki untuk operasi, akan berakhir di 2019,” kata Sigit di DPRD DKI Jakarta, Senin (29/1/2019).

Sigit menegaskan peremajaan angkutan umum sudah diamanatkan di Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Pergub itu melarang angkutan yang berusia lebih dari 10 tahun beroperasi. Peremajaan dimulai sejak 2016 dengan tenggat waktu tiga tahun.

Di akhir tenggat peremajaan ini, Sigit menyebut sudah mencapai kesepakatan dengan operator bus sedang untuk pengadaan bus baru. Dari sekitar 1.500 bus sedang yang masih beroperasi, ada 709 yang perlu diremajakan dan terintegrasi dengan transjakarta.

“709 tadi itu akan selesai di 2019. Nah kalau mereka menunggu dan terus menunggu (untuk peremajaan), kita tetap menbuka ruang dialog, ruang diskusi. Tapi concern lebih kepada mitra operator,” ujar Sigit. Operator bus sedang yang saat ini beroperasi di DKI Jakarta meliputi Kopaja, Metro Mini, Kopami Jaya, dan Koantas Bima.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dishub DKI Ingatkan Batas Akhir Peremajaan Bus Sedang pada Tahun Ini”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/29/20104951/dishub-dki-ingatkan-batas-akhir-peremajaan-bus-sedang-pada-tahun-ini.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Dian Maharani

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …