Home / Kliping / Hendak Direvitalisasi, Waduk Cincin Dinilai Belum Dimanfaatkan Optimal
Suasana di Waduk Sunter Utara atau Waduk Cincin di Papanggo, Jakarta Utara, Selasa (7/8/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) 
Suasana di Waduk Sunter Utara atau Waduk Cincin di Papanggo, Jakarta Utara, Selasa (7/8/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) 

Hendak Direvitalisasi, Waduk Cincin Dinilai Belum Dimanfaatkan Optimal

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, Waduk Cincin, Jakarta Utara dan lahan di sekitarnya belum dimanfaatkan optimal. Ali mengatakan, Waduk Cincin dan lahan di sekitarnya baru dimanfaatkan sebatas sebagai tempat penampungan air dan area penghijauan. “Kondisi Waduk Cincin sekarang berikut dengan RTH-nya saya kira belum termanfaatkan secara sempurna untuk kebutuhan warga, baru sekadar penghijauan dan penampungan air saja,” kata Ali kepada wartawan di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (6/2/2019).

Menurut Ali, Waduk Cincin dan lahan sekitarnya bisa dimanfaatkan sebagai area interaksi warga dengan membangun lintasan jogging atau pusat kuliner. Pihaknya mengusulkan pasar terapung yang dikelola profesional dapat dibangun di tengah Waduk Cincin untuk kepentingan pariwisata. “Lokasi itu ideal juga buat interaksi warga atau third place, tempat ketiga, bisa jogging track, rekreasi, kegiatan kuliner. Saya kira lebih terbuka peluang itu,” ujar Ali.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara berencana menata kawasan Hutan Kota Waduk Cincin lewat konsep Community Action Plan. Menurut rencana, Hutan Kota Waduk Cincin dapat menjadi tempat edukasi agribisnis dan agrowisata. Penataan ditargetkan rampung tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hendak Direvitalisasi, Waduk Cincin Dinilai Belum Dimanfaatkan Optimal”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/06/18360711/hendak-direvitalisasi-waduk-cincin-dinilai-belum-dimanfaatkan-optimalPenulis : Ardito Ramadhan. Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-20 at 11.45.56 PM

5 Prioritas Kerja Jokowi – Ma’ruf