Home / Kliping / Kapal Antarpulau di Kepulauan Seribu Ditargetkan Tersedia pada 2020
Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi memberikan keterangan pada wartawan saat meninjau Pelabuhan Kali Adem, Kamis (7/2/2019).
Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi memberikan keterangan pada wartawan saat meninjau Pelabuhan Kali Adem, Kamis (7/2/2019).

Kapal Antarpulau di Kepulauan Seribu Ditargetkan Tersedia pada 2020

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menargetkan fasilitas kapal antarpulau di Kepulauan Seribu dapat tersedia pada 2020 mendatang. Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menyatakan, pengadaan kapal antarpulau sudah diusulkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan tahun 2019. “Kami akan programkan kapal antarpulau di musrenbang tahun 2019 ini untuk bisa diadakan di 2020 oleh Dishub. Karena ini domainnya Dishub,” kata Junaedi di Pelabuhan Kali Adem, Kamis (7/2/2019).

Junaedi menuturkan, fasilitas transportasi antarpulau amat dinantikan warganya. Sebab, ada kebutuhan warga yang baru bisa dipenuhi dengan berpindah pulau. “Masyarakat ingin adanya kapal transportasi antar pulau. Ketika masyarakat ingin mengurus izin akan ke kabupaten dari Pulau Tidung atau dari pulau yang lain harus ada kapal,” ujar Junaedi. Junaedi mengakui selama ini belum ada fasilitas kapal antarpulau. Akibatnya, warga mesti menumpangi kapal nelayan atau kapal milik kelurahan untuk menyeberangi lautan. Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Cucu Kurnia juga menyebut pentingnya transportasi antarpulau di Kepulauan Seribu bagi pariwisata Kepulauan Seribu. Menurut Cucu, pulau-pulau di Kepulauan Seribu mempunyai karakteristik wisata berbeda-beda yang sama-sama menarik perhatian para wisatawan. “Selama ini belum ada. Jadi kalau kita nginep di Pulau Tidung misalnya mau ke Pulau Pramuka saat ini belum ada, harus nyewa kapal nelayan yang lumayan mahal,” kata Cucu kepada Kompas.com, Jumat (21/12/2018).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kapal Antarpulau di Kepulauan Seribu Ditargetkan Tersedia pada 2020”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/07/21480321/kapal-antarpulau-di-kepulauan-seribu-ditargetkan-tersedia-pada-2020.

Penulis : Ardito Ramadhan

Editor : Dian Maharani

Edit

Check Also

Para pelanggar jalur ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang terkena sanksi tilang, Selasa (10/9/2019)(KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Ganjil-Genap Diperluas, Penumpang MRT Jakarta Tembus 97 Ribu Per Hari

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, jumlah penumpang moda raya …