Home / Kegiatan / Memberikan Kuliah Umum di ITB
Foto: https://sappk.itb.ac.id/dr-ir-oswar-muadzin-mungkasa-murp-berikan-kuliah-umum-di-itb/
Foto: https://sappk.itb.ac.id/dr-ir-oswar-muadzin-mungkasa-murp-berikan-kuliah-umum-di-itb/

Memberikan Kuliah Umum di ITB

Jumat, 8 Februari 2019. Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungn Hidup, Dr. Ir. Oswar Muadzin Mungkasa, MURP., berkesempatan menjadi dosen tamu dalam Pertemuan awal semester II 2018/2019 TPB 2018, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Kampus ITB di Cirebon. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa TPB angkatan 2018, Dosen Wali, serta Ketua Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota, Ridwan Sutriadi, ST., MT., Ph.D.

Sumber: https://sappk.itb.ac.id/dr-ir-oswar-muadzin-mungkasa-murp-berikan-kuliah-umum-di-itb/
Sumber: https://sappk.itb.ac.id/dr-ir-oswar-muadzin-mungkasa-murp-berikan-kuliah-umum-di-itb/

Bapak Deputi yang merupakan alumni Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) ITB angkatan 1981, memberikan paparan terkait pergeseran paradigma keilmuan perencanaan wilayah dan kota dari era 1980 sampai era teknologi 4.0, atau yang kita kenal sebagai era milenial. Beliau menjelaskan bahwa proses perencanaan saat ini, terutama perencanaan dan pengendalian ruang, tidak dapat berorientasi pada pembangunan fisik dan mengandalkan pendekatan top-down saja, namun perlu mengedepankan pendekatan kolaboratif melalui bantuan teknologi. Pendekatan kolaboratif diharapkan dapat meruntuhkan sekat-sekat antar sektor dalam proses perencanaan. Poin krusial dalam pelaksanaan perencanaan kolaboratif adalah adanya “komitmen” dan “konsensus” dari berbagai pihak teerkait. Pendekatan kolaboratif tersebut saat ini sedang diperkenalkan di DKI Jakarta melalui penyusunan berbagai Grand Design (GD), yang mana melibatkan berbagai sektor pembangunan serta lapisan masyarakat.

Check Also

IMG_5989

Focus Group Discussion tentang Partisipasi Kelompok Agama dalam Pembangunan Rendah Emisi di DKI Jakarta

Jakarta, 14 Februari 2019. Kedeputian TRLH bekerjasama dengan ICLEI – Local Governments for Sustainability menyelenggarakan Focus Group Discussion …