Home / Kegiatan / Kunjungan Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific Cities di Indonesia
Sekjen TPO, Kim So-il, dengan Bapak Oswar Mungkasa selaku Plt. Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata
Sekjen TPO, Kim So-il, dengan Bapak Oswar Mungkasa selaku Plt. Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata

Kunjungan Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific Cities di Indonesia

Jakarta, 11 Februari 2019. Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific Cities pada hari Senin, 11 Februari 2019, berkunjung ke Jakarta dalam rangka melakukan koordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait pelibatan Indonesia dalam kegiatan TPO di tahun 2019. Rapat yang dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Oswar Muadzin Mungkasa, MURP, yang saat ini menjabat sebagai Plt. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan PariwisataRapat juga dihadiri oleh Bapak Sapta Nirwandar (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2011-2014), Bapak Rokhmin Dahuri (Menteri Kelautan dan Perikanan Tahun 2001-2004), Asisten Deputi Pemasaran Wilayah II Kementerian Pariwisata, Walikota Bau-Bau, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Perwakilan Dinas Pariwisata di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, Pusan National University, Indonesia – Korea Friendship Association, dan Perwakilan Masyarakat Korea di Indonesia.

Sebagai informasi, TPO merupakan organisasi pariwisata terbesar di Asia Pasific dan dibentuk sejak tahun 2002. TPO saat ini telah beranggotakan 91 kota dari 10 negara Asia Pasific, dan beberapa Kabupaten/Kota dari Indonesia yang menjadi anggota seperti Kota Surabaya, Yogyakarta, dan Bitung. Detail mengenai TPO dapat dilihat pada www.aptpo.org/eng/.

Sekjen TPO menyampaikan bahwa TPO akan mengadakan Regional Meeting di Indonesia pada bulan Juni 2019, dan General Assembly di Busan pada tanggal 25-28 September 2019. Sekjen TPO berharap DKI Jakarta dapat menjadi tuan rumah dalam acara Regional Meeting, dan Pemerintah Indonesia dapat mengirimkan delegasi Kabupaten/Kota untuk hadir berkontribusi dalam acara General Assembly. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam Regional Meeting seperti forum business to business, presentasi mengenai kepariwisataan, dan malam jejaring (networking session). Sedangkan kegiatan dalam General Assembly seperti festival budaya, forum kepariwisataan, serta yang utama adalah pemilihan Kabupaten/Kota untuk menjadi Presiden TPO periode 2020-2022. Kabupaten/Kota di Indonesia yang telah menjadi anggota TPO dipersilahkan untuk mendaftar menjadi kandidat Presiden TPO.

Rencana kegiatan TPO disambut baik oleh peserta rapat. Plt. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata menyampaikan bahwa Pemerintah DKI akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata, serta dengan Kabupaten/Kota di Indonesia, terkait persiapan pelaksanaan Regional Meeting di Bulan Juni.

Kunjungan Sekjen TPO, Kim So-il, ke Jakarta
Kunjungan Sekjen TPO, Kim So-il, ke Jakarta

IMG_8468 IMG_8462

Check Also

IMG_5989

Focus Group Discussion tentang Partisipasi Kelompok Agama dalam Pembangunan Rendah Emisi di DKI Jakarta

Jakarta, 14 Februari 2019. Kedeputian TRLH bekerjasama dengan ICLEI – Local Governments for Sustainability menyelenggarakan Focus Group Discussion …